Tuesday, July 30, 2019

kelapa hijau kelapawulungjogja

KELAPA HIJAU

kelapa hijau wulung
Kelapa hijau - Kelapa Wulung Jogja

Hallo blogger Indonesia... Tahukah kamu, kelapa hijau / kelapa ijo asli atau kelapa wulung ini terbilang spesial ? Dikatakan istimewa karena tidak seperti kelapa yang sering kita jumpai. Bedanya kelapa hijau ini kulit luar ijo tetapi di dalam sabutnya ada warna pink atau serat merah. Selain warnanya yang unik, tanaman buah kelapa ini juga bermanfaat untuk kesehatan loh.

Kenapa warnanya bisa pink gitu?

Saya tidak berani memastikan penyebab warna serabut merah itu kenapa. Yang pasti itu bawaan dari semenjak dia tumbuh, karya alam yang sulit ditebak kebenarannya.

Tetapi kalau saya boleh berpendapat, kelapa hijau itu bisa berwarna pink karena mungkin kelapa ini mengalami kelainan genetik, sehingga warnanya tidak putih seperti kelapa biasa. Ini cuma dugaan loh ya,, untuk kebenaraanya butuh pembuktian dari pihak otoritas, perlu kiranya Kememterian Pertanian dan Perkebunan atau dinas terkait untuk menyelidiki lebih jelas tentang asal usul warna pink yang merasuk pada saerabut kelapa itu.

Atau dari otoritas akademik, perlu untuk meneliti unsur-unsur dan kandungan kelapa hijau secara ilmiah. Ini penting agar supaya kita semua menjadi terang tentang "misteri" warna pink tersebut. Dengan adanya penelitian ini, tentu masyarakat luas penggemar es kelapa muda akan teredukasi dengan baik, sekaligus memiliki referensi yang bisa dipakai untuk memberi jawaban terhadap khalayak yang membutuhkan penjelasan.

Tinggi Pohon Kelapa Hijau


Jika benar kelapa hijau wulung adalah akibat kelainan genetik, maka konsekwensinya kelapa wulung bisa berasal dari semua varietas pohon kelapa. Bisa dari kelapa dalam (Tall Variety) dan kelapa genjah (Dwarf Variety) atau bahkan hibrida (Hybrid Variety)

Sebagaimana catatan lapangan yang saya kumpulkan; Kelapa hijau wulung bisa berasal dari semua varietas tersebut. Bahkan menurut penuturan kelompok petani kelapa yang terpusat di daerah Pati, kelapa wulung bisa muncul dari jenis kelapa kopyor. Ini penemuan yang mungkin langka. Bisa 1 banding 1.000. Artinya, setiap seribu kelapa kopyor, hanya terdapat 1 yang kopyor hijau wulung.

Kita tahu, bahwa tinggi pohon kelapa hijau sangat dipengaruhi oleh varietas kelapa. jadi untuk menyebut dengan jelas mengenai ukuran tinggi pohon kelapa hijau, jawabannya adalah tergantung dari varietas mana kelapa hijau itu berasal. Jika asalnya dari kelapa dalam, pohon kelapa hijau bisa mulai berbuah dari mulai tinggi 3 meter pada umur pohon 7-9 tahun. Kalau kelapa hijau dari varietas  genjah atau hibrida, maka berbuah relatif singkat, yakni sekitar umur 4 tahunan pada tinggi pohon 1 meter.

Jadi tinggi pohon kelapa hijau sudah mulai berbuah beda-beda sesuai jenisnya ya.

Manfaat Kelapa Hijau


Telah beredar banyak di laman internet, youtube, media sosial dan lapak-lapak ritel tentang informasi manfaat kelapa hijau ini. Ada yang menuliskan kelapa hijau wulung bermanfaat untuk obat batu ginjal, dapat meluruhkan batu empedu, membantu membuat kulit janin putih bersih di dalam kandungan, mengatasi sakit asam lambung dan lain-lain.

Testimoni terkait manfaat kelapa hijau wulung juga telah banyak diberikan oleh orang-orang yang menggunakan kelapa tersebut sebagai obat. Banyak orang percaya (bahkan menjadi mindset) menjadikan kelapa hijau wulung untuk obat alternatif penyembuhan penyakit tanpa perlu pemeriksaan medis dan kedokteran terlebih dahulu.

Tentu saja tidak ada larangan untuk kepercayaan tersebut. Namun, mengkonsumsi kelapa wulung untuk pengobatan suatu penyakit yang masuk kategori medis, alangkah lebih baiknya jika mengerti dasar-dasar, kandungan serta metode penggunaan secara tepat. Saya kira hal ini tidak berlebihan untuk menghindari hal-hal yang kurang baik nantinya.

Kecuali tentang kepercayaan lain, yaitu penggunaan kelapa hijau untuk menetralisir aura negatif seperti teluh/santet (gangguan jin dan makhluk halus), itu tidak perlu dilogikakan. Itu memang urusan di luar nalar. Boleh-boleh saja menggunakan kelapa ijo sebagai media tolak balak semacam itu.

Nah, berbagai macam manfaat kelapa wulung di atas, sebenarnya cukup menggelitik untuk dicari kebenarannya. Saya yang bergulat di bidang tanaman buah dan kesehatan masih giat menelusuri literatur dan publikasi terbaru terkait informasi manfaat kelapa hijau ini.

Bilamana Blogger Indonesia punya referensi tentang topik yang sama, bolehlah saya diberi petunjuk untuk lebih kaya dan bisa dipertanggung jawabkan.

Demikian artikel singkat tentang kelapa hijau dan manfaatnya untuk kesehatan. Terimakasih telah mampir di site ini.



posted by kelapawulungjogja