Monday, March 4, 2019

Kelapa Wulung Genjah kelebihan dan kekurangan

Analisa Kelebihan dan Kekurangan Kelapa Wulung Genjah


bibit kelapa wulung jenis genjah
kelapa wulung jenis genjah

Kelapa wulung memiliki nama Latin Cocos nucifera ini satu jenis tumbuhan dari suku aren-arenan atau Arecaceae dan adalah anggota tunggal dalam marga Cocos. Disebut kelapa wulung karena berbeda dengan kelapa biasa, yaitu terdapat warna merah pada sabut kulitnya.

Tumbuhan kelapa wulung juga dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serba guna, khususnya bagi masyarakat pesisir. Pohon kelapa wulung tumbuh dengan batang tunggal atau terkadang ada yang bercabang. akar serabut, tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol, adaptif pada lahan berpasir pantai.

Batang pohon kelapa wulung beruas-ruas namun bila sudah tua tidak terlalu tampak, khas tipe monokotil dengan pembuluh menyebar (tidak konsentrik), berkayu. Daun tersusun secara majemuk, menyirip sejajar tunggal, pelepah pada ibu tangkai daun pendek, duduk pada batang, warna daun hijau kekuningan. Buah agak besar, diameter sekitar 10-15 cm Ada yang berwarna kuning, hijau, atau coklat.

Kelapa wulung tumbuh dari Endospermium berupa cairan yang mengandung banyak enzim, dan fase padatannya mengendap pada dinding endokarp ketika buah menua; embrio kecil dan baru membesar ketika buah siap untuk berkecambah orang Jawa menyebutnya: kentos. Kelapa wulung secara alami Endosperma buah kelapa yang berupa cairan serta endapannya yang melekat di dinding dalam batok ("daging buah kelapa") adalah sumber penyegar populer.

Daging buah muda kelapa wulung berwarna putih dan lunak serta biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan. Cairan ini mengandung beraneka enzim dan memiliki khasiat penetral racun dan efek penyegar/penenang. Beberapa kelapa bermutasi sehingga endapannya tidak melekat pada dinding batok melainkan tercampur dengan cairan endosperma.
  1. Kelapa wulung genjah memiliki postur pohon pendek, tidak perlu memanjat tinggi
  2. Masa berbuah yang lebih cepat sekitar 4-5 tahun
  3. Berbuah banyak; dalam 1 janjang bisa mencapai 20 buah
  4. Cocok untuk di panen saat masih kelapa muda
  5. Buah kelapa wulung bisa digunakan untuk pengobatan penyakit pada tubuh manusia
  6. Harga di pasaran cukup tinggi


Kekurangan kelapa wulung genjah


  1. Pohon kelapa mudah terpengaruh iklim
  2. Lebih Rentan terkena penyakit tumbuhan/hama
  3. Buahnya kecil (sedang), sehingga 1 buah kelapa wulung tidak cukup untuk satu porsi
  4. Pohon kelapa wulung genjah usia lebih pendek dari kelapa Lokal/dalam
  5. Memiliki air kelapa yang agak Asin / kurang segar


Demikian ulasan tentang kelebihdan dan kekurangan kelapa wulung genjah. Untuk info lebih lanjut tentang bibit kelapa wulung, silahkan WA di Atas… Semoga bermanfaat.

1 comment:

miao sai said...

cuma di sini agen jud! online dengan proses yang sangat cepat :)
ayo segera daftarkan diri anda di agen365 :)
WA : +85587781483