Monday, March 4, 2019

Kelapa Wulung, Khasiat untuk Obat?


Kelapa Wulung, Khasiat untuk Obat?


khasiat kelapa wulung untuk obat empedu
Buah kelapa serat merah (wulung)

Kelapa Wulung atau Kelapa Serat Merah oleh masyarakat kita sering dipercaya memiliki khasiat yang ampuh. Misalnya; membantu promil, obat penyakit dalam, seperti mampu meluruhkan batu ginjal dan batu empedu. Di samping itu kelapa wulung juga kerap dipakai untuk keperluan mistis, menolak sihir dan mengusir jin yang seringkali menganggu manusia.

Secara Ilmiah pohon Kelapa digolongkan pada 2 kategori, yaitu Kelapa Tinggi (Tall variety) dan jenis Kelapa pendek (Dwarf Variety). Di samping itu, penelitian juga menyebut kelapa dapat dikategorikan mengikuti warna, yaitu Kelapa Hijau (Cocos nucifera veridis), Kelapa Merah (Cocos nucifera rubescens) dan juga jenis Kelapa Kuning (Cocos nucifera eburens).

Kelapa Wulung atau Red Coconut yang bersabut warna merah ini dapat dikatakan berasal dari varietas kelapa merah (Cocos nucifera var rubescens). Kelapa Wulung ini unik dan cukup jarang ditemukan. Di sejumlah wilayah Jawa yang mana jumlah pohon kelapa ada jutaan pohon, tidak mudah untuk dapat menjumpai pohon kelapa wulung.

Berbeda dengan Buah Kelapa hijau biasa yang memang mudah dijumpai, dimana umumnya ia mempunyai pohon yang tinggi dan buah yang kulitnya berwarna hijau semuanya. Buah kelapa hijau jenis dalam memiliki ukuran besar. Kelapa ini biasanya tidak lepas sebagai bahan dalam masakkan kita. Konon, airnya juga berkhasiat sebagai bahan obat tradisional, seperti: penawar racun, mencegah mual dan muntah-muntah, serta juga sakit kepala.

Karakteristik Kelapa Hijau Wulung


Meskipun bagi masyarakat agak sulit membedakan kelapa wulung dengan jenis kelapa yang lain, tetapi bagi seorang yang berpengalaman tentang kelapa, mestinya dapat mengetahui perbedaan itu dengan jelas.

Ciri-ciri Kelapa wulung dari buahnya, yaitu jika dipetik sebagai degan, maka kulit kelapa tersebut berwarna hijau dan bila dipotong bagian atas akan nampak warna merah muda/pink. DI dunia medis, kelapa ini sering dicari untuk pengobatan melancarkan saluran air kencing. Mempermudah pembuangan air kencing dan dijadikan konsumsi herbal.

Perbedaan pada airnya, Air kelapa wulung agak asin sedikit dan tidak segar seperti kelapa hijau jenis lain. Kelainan ini disebabkan oleh kandungan tannin (zat anti racun) dalam air kelapa merah yang lebih tinggi. Tannin merupakan suatu unsur yang dipercayai mampu menawar racun dalam badan manusia.

Sejauh ini, penelitian tentang kandungan analisa nutrisi kelapa Wulung adalah hampir sama dengan kelapa lain. Hasil penelitian mendapati air kelapa merah ini mempunyai kandungan seperti glukosa, sakarosa, fruktosa, sukrosa mineral dan juga Asid Amino. Kesemua itu juga terdapat dalam kelapa hijau biasa.

Dalam beberapa pembahasan menunjukkan air kelapa ini mempunyai banyak manfaat dan khasiatnya tetapi tidak dinyatakan secara ilmiah. Diantara khasiatnya adalah dapat membantu mengobati masaalah keracunan dan berbagai macam penyakit lainnya seperti demam akibat Virus Flu, tekanan darah tinggi, dll.

Di Masyakarakat kita dari dulu-dulu sampai sekarang, seputar mitos kegunaan kelapa masih tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Saya berharap penelitian akademik bisa mengangkat tema kelapa wulung untuk pengobatan, sehingga dapat menguatkan atau meluruskan kepercayaan masyarakat terhadap keampuhan obat yang terkandung di dalamnya



posted by: kelapawulungjogja



2 comments:

Bibit tanaman inovasi said...

mantap gan, trim infonya, silahkan mampir ke blog saya tentang kepiting juga ya
blog kepiting segar kerang dara ijo batik

miao sai said...

ayo daftarkan diri anda di a*g*e*n*3*6*5 :D
WA : +85587781483