Tuesday, October 22, 2019

BIBIT KELAPA WULUNG BAGUS

BIBIT KELAPA WULUNG BAGUS ANTI PENYAKIT


Bibit kelapa wulung yang terhindar dari penyakit dan hama itulah yang bagus. Pertumbuhannya akan optimal dan sehat
bibit kelapa wulung bagus


Bibit kelapa wulung adalah tanaman buah kelapa yang banyak tumbuh di wilayah tropis. Pohon Kelapa wulung memiliki banyak serabut di dalamnya, seperti pipa kapiler yang tersusun sangat ketat, pipa-pipa ini berfungsi untuk meneruskan cairan yang diserap akar untuk kemudian di alirkan ke dalam buah kelapa wulung.

Air yang ada di dalam kelapa wulung itu, akan menjadi sumber kehidupan yang nantinya mengendap dan mengental dan mengeras menjadi “kentos”. Kentos kelapa wulung adalah bekal yang sangat penting untuk nutrisi pertumbuhan akar dan tunas kelapa wulung. Tanpa ada air, gelondongan kelapa tidak akan bisa hidup bertunas.

Mula-mula kelapa wulung yang sudah tua dan kering, di ujung pangkal di dalam kulit batok tersebut akan tumbuh akar terlebih dahulu. Pertumbuhan akar jika sudah mencapai 2-3 inch, maka tunas calon batang baru akan tumbuh. Pertumbuhan ini sangat ditentukan oleh nutirsi yang ada di dalam kentos.
Untuk mendukung optimalisasi pertumbuhan tunas, maka gelondongan kelapa wulung tua perlu di letakan pada tanah yang basah dan mengandung banyak air. Tanah yang lembab mampu memeprcepat pertumbuhan akar dan juga tunas pohon kelapa wulung.


Mengatasi Penyakit Pada Bibit Kelapa Wulung



Pada masa penumbuhan ini ada beberapa hambatan yang biasanya muncul. Menurut pengalaman kami, batok kelapa wulung yang menempel pada tanah rentan terkena urat atau dimakan hama rayap. Jika batok kelapa wulung diserang rayap, kemungkinan besar bibit kelapa wulung tidak akan bisa hidup, alias akan mati.

Persoalan lain saat pembibitan adalah muncul jamur. Tanah yang lembab jika tidak diberikan anti jamur, maka muncul jamur yang akan mengenai batok kelapa dan bisa mengakibatkan kebusukan. Saat batok kelapa pada calon bibit kelapa wulung sudah busuk karena jamur, biasanya tidak akan tumbuh. Jika pun sudah tumbuh, tak lama juga akan mati.

Untuk mengatasi masalah rayap dan jamur, bisa menggunakan obat jenis furadan dan obat anti jamur atau dolomit. Berikan ukuran yang pas sesuai dengan petunjuk di kemasan untuk mendapatkan hasil yang tepat, rayap dan jamur tidak menganggau pembibitan kelapa wulung.

Selain kedua masalah itu, bisa juga muncul setelah batok kelapa wulung muncul tunas dan daun. Daun pertama bibit kelapa wulung juga rentan terkena penyakit. Seringkali hewan sejenis kupu-meletakkan telur-telur mereka di lipatan-lipatan daun. Ini mengakibatkan daun menjadi menghitan dan kering.
Bisa jadi juga karena dimakan ulat atau belalang. Cara mengatasinya yaitu, Jika ulat atau belalang itu terlihat pada daun bibit kelapa wulung, kita bisa membuang dan membersihkannya. Untuk pencegahan bisa disemprot dengan insektitida secukupnya.

Bibit kelapa wulung yang terhindar dari penyakit dan hama itulah yang bagus. Pertumbuhannya akan optimal dan sehat.


Bibit Kelapa Wulung Tumbuh dan Berbuah



Pohon kelapa wulung bisa mulai berbuah pada umur enam tahuan setelah bibit kelapa wulung ditanam. Dari jenis kelapa lokal atau kelapa dalam, rata-rata mempunyai ukuran buah yang cukup besar dan air di dalamnya melimpah. Air kelapa wulung sangat berguna sekali untuk obat penyakit dan minuman kesehatan tubuh.

Kelapa wulung banyak tumbuh di daerah pulau Jawa, seperti Yogyakarta, Magelang, Purworejo, Kebumen serta sebagian daerah pantura seperti Tegal, Pekalongan, dan Pati. Pohon kelapa wulung tersebut banyak menghasilkan buah hingga banyak didistribusikan sampai DKI Jakarta, Surabaya dan Bali.

Demikian penjelasan tentang bibit kelapa wulung yang bagus, perawatan dengan cara memberikan pupuk organik dan tambahan pupuk pabrik, seperti insektisida untuk hama dan obat hewan pengerat batang. Jika pohon kelapa wulung di serang hama, segeralah untuk memberi tindakan pengobatan agar pohon kelapa wulung tumbuh dengan subur..

..

2 comments:

Dede syahmi said...

terima kasih atas informasinya sangat bermanfaat
jangan lupa kunjungi http://dede1731.wordpress.com dan http://ppns.ac.id

Usman Awais said...

Delivery Services in Dubai
Delivery Services
Exports of Pakistan