Sunday, August 25, 2019

Masa Produktifitas Pohon Kelapa Hijau Wulung

Masa Produktifitas Pohon Kelapa Hijau Wulung

Bibit tanaman unggul - Bibit kelapa wulung disebut juga pohon sejuta manfaat, Buah kelapa hijau wulung dapat diambil manfaatnya dari sari air kelapa muda, daging buah, tempurung dan sabutnya. Salah satu produk yang dihasilkan dari kelapa hijau adalah sari kelapa (kelapa muda hijau). Produk dari daging kelapa yang sudah tua adalah daging kelapa parut, kulit ari daging kelapa dan minyak kelapa hijau
pengiriman bibit kelapa hijau wulung

Bibit tanaman unggul - Bibit kelapa wulung disebut juga pohon sejuta manfaat, Buah kelapa hijau wulung dapat diambil manfaatnya dari sari air kelapa muda, daging buah, tempurung dan sabutnya. Salah satu produk yang dihasilkan dari kelapa hijau adalah sari kelapa (kelapa muda hijau). Produk dari daging kelapa yang sudah tua adalah daging kelapa parut, kulit ari daging kelapa dan minyak kelapa hijau.

Kelapa wulung yang diparut kering adalah suatu produk awet untuk membuat minyak kelapa wulung. Selian itu air santan kelapa hijua merupakan bahan dasar pembuatan santan dan untuk campuran pembuatan roti, kue-kue, dan makanan lain. Daging kelapa muda coconut cream, santan, kelapa parutan kering, coconut skim milk, sampai kosmetik sebagai produk turunan ekstrakulikuler.

Varietas Pohon Kelapa Hijau


Pada tahun 1985, Setyamidjaja memberikan klasifikasi tanaman kelapa hijau dalam jenis (species) kelapa pada waktu itu dikenal ada dua varietas utama yaitu varietas dalam dan varietas genjah. Pada akhir-akhir ini berkembangnya pemuliaan tanaman dikenal varietas ketiga yaitu hibrida  yang merupakan perkawinan silang antara dua tanaman kelapa hijau yang beda sifatnya dalam dan genjah.

Sekilas penjelasan yang terkait penelitian ini, Yaitu: jenis kelapa yang diteliti dikhususkan kepada kelapa tua varietas dalam. Pemanenan kelapa hijau pada umumnya bervariasi antara 6-8 tahun untuk kelapa dalam. Sedangkan kelapa hijau dan kelapa hibrida, pemetikan hasilnya dimulai umur 3-4 tahun pasca tanam.

Masa Produktifitas Kelapa Hijau


Mengenai masa puncak produktifitas pohon kelapa hijau juga berbeda-beda. Untuk kelapa varietas dalam masa puncak produksinya pada umur antara 15-20 tahun. Setelah berumur 20 tahun produksi berangsur turun dan setelah umur 40 tahun produksi merosot.

Sedang untuk pohon kelapa genjah/hibrida, masa produksi puncak antara umur 10-18 tahun. Setelah berumur 18 tahun mulai berangsur turun dan merosot setelah umur 30 tahun. Waktu yang diperlukan untuk pembentukan buah kelapa yaitu sejak bunga jantan mekar sampai buah masak dan dipungut hasilnya, berkisar 15-16 bulan.

Jumlah Produktifitas Kelapa Hijau


Sebagai tamsil, bahwasanya tanaman kelapa didalam satu hektar dapat ditanami 100 pohon (ukuran rata-rata), rata-rata pada setiap pohon kelapa menghasilkan 45 butir buah kelapa per tahun atau 10 kg kopra. Sehingga setiap hektar, buah kelapa menghasilkan 4.500 butir buah kelapa hijau per tahun. JIka dibuat untuk kopra, perkiraan akan menghasilkan 1 ton.

Dalam konteks pemeliharaan kebun dengan kualitas baik, setiap pohon dapat di harapkan  menghasilkan mencapai 70 butir buah kelapa per tahun atau 15 kg kopra. Sehingga ukuran untuk setiap hektar per tahun dapat menghasilkan 5.000 butir buah kelapa atau 1,75 ton kopra.

Dapat disimpulkan bahwa untuk kebun normal dapat memberikan hasil produktitifas kopra sebanyak 1,5 ton. Dari perhitungan tersebut dapat dikisarkan, bahwa kelapa mempunyai nilai ekonomi yang tinggi yang berasal dari panenan kelapa hijau muda dan produk kopranya.

Kendala kendala Pasar


Tidak bisa dipungkiri, dalam banyak kenyataan di lapangan, kelemahan dalam pertanian di negara berkembang, termasuk Indonesia, adalah kurangnya perhatian dalam bidang pemasaran. Fungsi-fungsi pemasaran, seperti pembelian, sorting, penyimpanan, pengangkutan dan pengolahan sering tidak berjalan seperti yang diharapkan, sehingga efsiensi pemasaran menjadi lemah.

Dalam banyak kenyataan hal ini juga disebabkan karena tingginya biaya pemasaran yang mengandalkan transportasi dan belum tersedianya pasar yang stabil untuk menampung produk kopra.
Sebaigan petani independen penanam pohon kelapa hijau, lebih memilih untuk memetik pohon kelapa hijau untuk kebutuhan pasar dalam bentuk kelapa muda / es kelapa hijau.

Kebutuhan kelapa muda kian meningkat karena masyakarat telah banyak sadar tentang pentingnya konsumsi minuman alami yang mengadung nilai gizi yang baik bagi kesehatan jangka panjang. Minuman air kelapa dipercaya memiliki isotonik dan dan keunggulan pencernaan.

Air kelapa hijau mampu menggantikan minuman energy instan yang berasal dari pabrikan dan campuran bahan-bahan kimia. Kesadaran ini tentunya menjadi peluang bagi masyrakat untuk segera menam bibit kelapa hijau wulung guna menyiapkan kebutuhan yang semakin banyak di masa mendatang.


..

1 comment:

Yaudah said...


JACKPOT ynag besar hanya di AJOQQ :D
WA : +855969190856