Wednesday, November 18, 2020

Ciri ciri bibit kelapa Wulung

Ciri ciri Bibit Kelapa Wulung

ciri-ciri bibit kelapa wulung, bibit kelapa hijau wulung untuk kesehatan ibu hamil mengobati batu empedu batu ginjal dan asam lambung. Kelapa Wulung pertama kali ditemukan di wilayah Asia. Bentuk kelapa hijau wulung seperti kelapa pada umumnya. Kelapa hijau muda dapat berbobot mencapai sekitar 2 kilo gram. Kelapa ijo asli ini pada kulitnya memiliki sabut warna merah muda atau pink. Sebagian orang di daerah Jawa menyebutnya Kelapa Serat Merah.
Bibit kelapa wulung - kelapa serat merah

Ciri-ciri bibit kelapa wulung asli ditandai pada bagian kulit sabut berwarna merah muda / pink. Bibit kelapa wulung diperkirakan berasal dari wilayah Asia. Kelapa ini disebut juga kelapa hijau atau kelapa ijo asli. Pohon kelapa hijau seperti ini banyak dicari untuk dibuat tanaman pokok, Air degan wulung muda diyakini kaya manfaat dan dikonsumsi sebagai obat.

Kelapa wulung asli ini warna kulitnya tidak hanya hijau, bisa berwarna coklat, kuning, orange atau kuning. Untuk memastikan karakteristik keasliannya, perlu dikelupas serabutnya dulu agar terlihat tampak merah muda. Lihat seperti gambar di atas.

Klasifikasi Bibit Pohon Kelapa Wulung


Tanaman buah Kelapa Wulung telah cukup banyak dipelajari secara ilmiah. Para ilmuan memberikan klasifikasi dan morfologi tanaman ini agar dapat digunakan sebagai referensi dan supaya mudah dikenali.

Berikut ini asal-usul tanaman kelapa hijau wulung.

Kingdom : Plantae
Subkingdom : Spermatophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Sub Kelas : Arecidae
Ordo : Arecales
Famili : Arecaceae
Genus : Cocos
Spesies: Coco nufera L.

Data di atas menujukan tanaman kelapa wulung termasuk keluarga arecacae dan jenis coco nufera l.

Cara Mengenal Jenis Bibit Kelapa Wulung


1. Dari Segi Fisik Bibit Kelapa Wulung

Pada dasarnya kelapa wulung serabut merah ditemukan pada jenis kelapa Dalam (tall variety). Ciri fisiknya yaitu: kelapa tidak begitu bulat dan memiliki ukuran yang besar. Dari bentuk batang dan daun, relatif sama dengan kelapa umumnya.

Biasanya pada bibit pohon kelapa wulung yang baru berumur 1-2 bulan. Ujung akar bawah kelapa terdapat warna merah muda jika dikelupas sedikit bagian ujungnya. Namun, tidak mesti akar yang muncul selalu pink, meskipun benih berasal dari satu indukan yang sama.

    Catatan penting: Warna akar bisa berubah.

Tidak semua kelapa wulung memiliki akar pink. Hal ini bisa jadi dikarenakan saat penyemaian terlalu banyak air pada media semai. Akar kelapa wulung pun akan pudar dan tidak terlihat pink.

Beberapa kasus yang kita amati, dari 500 benih asli wulung, pada masa bongkar pertama dari yang pernah kita semai hanya 60 yang muncul pink. 

Kemudian 10 hari berikutnya, kita bongkar lagi semua sisanya ketemu lagi 30 pink di akar lain. Padahal sebelumnya akarnya putih.


Hal tersebut tidak masalah dan tidak berpengaruh bagi pertumbuhan bibit kelapa wulung. Karena jika kelapa wulung berasal dari indukan yang wulung, maka hasilnya 100% akan tetap menjadi kelapa wulung.

2. Dari Segi Bentuk Buah Kelapa Wulung

Perlu untuk diketahui, bahwa sekarang ini pohon kelapa wulung bisa dari jenis hibrida atau juga kelapa Gading/kuning. Kita seringkali menjumpai kelapa wulung yang warna kulit buahnya ijo. Jika dipeges/atau dibuka, kelapa wulung akan muncul serat berwarna merah muda.

Mengenai bentuk buah kelapa wulung, kelapa ini bisa diukur dari ukuran besar menjadi dua. Yaitu buah kelapa wulung sedang (dari jenis Genjah) dan kelapa wulung besar (dari jenis Dalam).

3. Dari Segi Rasa Air Kelapa Wulung

Membedakan kelapa wulung yang terpenting adalah rasa buahnya. Rasa air kelapa wulung yang asli tidak manis, melainkan agak sedikit asam. Jika Anda meminum air kelapa wulung, mungkin hanya sedikit rasa manis yang menempel di lidah anda.

Ringkasnya, air kelapa wulung tidak sesegar kelapa muda biasa. Ya, memang sebagain dipetik masih amat muda dan difungsikan untuk obat.

Beda dengan kelapa hijau biasa, rasa air kelapanya yang manis akan menempel di lidah dan segar di tenggorokan.

Dalam hal ini, lapisan daging di permukaan batok kelapa Wulung memiliki daging buah kelapa yang terasa manis. Jadi, airnya agak asam tetapi daging kelapa muda terasa lebih manis daripada kelapa biasa.

Air kelapa ijo wulung memiliki cita rasa yang agak asam, sebab memang mengandung zat tannin lebih tinggi dari kelapa biasa. Inilah yang menyebabkan kelapa Wulung dipercaya dapat menjadi obat berbagai penyakit.

Harga Buah Kelapa Wulung di Pasaran

kelapa serat merah degan wulung asli
Kelapa serat merah atau degan wulung


Di kalangan petani kelapa, harga buah kelapa wulung muda (degan wulung) yang diambil oleh pengepul dari pemilik pohon kisaran 10 ribu per buah. Di pasaran atau penjual es degan atau di kios-kios, harga kelapa wulung kisaran 15-20 ribu rupiah.

Kelapa wulung muda banyak dijual sebagai DEGAN WULUNG pas musim kemarau. Orang-orang banyak mencari Degan Wulung di musim panas. Sedangkan, ketika musim hujan tiba, kelapa wulung akan dibiarkan menua di pohon untuk selanjutnya dibuat sebagai bibit atau benih.


Bibit Kelapa Wulung Bertempat di Jogja


bibit kelapa wulung berlokasi alamatnya berada Jl. Parang Tritis KM 17, Sawahan, Pundong Bantul. Untuk yang berlokasi di Jogja atau sekitarnya, Silahkan berkunjung ke tempat kami. Pembelian bisa langsung di tempat kami.

Bibit kelapa wulung ini dapat dipesan secara online, Kami bekerja sama dengan jasa ekspedisi yang melayani pengiriman Tanaman Hidup seperti; JNE, TIKI, Kobra Expres, Indah Cargo, JET Ekspress, PT. POS Indonesia, MEX Barlian Dirgantara, Hexa Cargo, AAC, dll.

Untuk pengiriman Bibit kelapa Wulung di wilayah Jawa dan sebagian luar Jawa, Kami menggunakan jasa Cargo lewat jalur darat. Jika Lewat Udara (Via Pesawat), kami menyediakan jasa pengurusan karantina tanaman di Balai Karantina terdekat.

Melalui pengiriman tersebut, sejauh ini, persebaran pohon Kelapa Wulung cukup luas meliputi berbagai macam daerah di seluruh wilayah Indonesia. termasuk Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, NTT, NTB, Bangka Belitung dll. Pengiriman Paket ini dari Yogyakarta.


Dimana Jual Bibit Kelapa Wulung?


Nah, bagi Anda yang ingin menanam sendiri bibit kelapa wulung, Anda dapat menumbuhkan bibit kelapa wulung di pekarangan rumah atau kebun milik Anda. Kami menyediakan bibit kelapa wulung yang sudah siap untuk di tanam.

Seperti ini gambar bibit kelapa wulung.

bibit kelapa hijau wulung serat merah siap tanam yang bermanfaat untuk obat dan kesehatan
Bibit Kelapa Wulung


Cara menanam Bibit Kelapa Hijau Wulung Agar Cepat Berbuah


Menanam Kelapa yang baik sebenarnya menguntungkan bagi kita, karena kelapa yang ditanam dengan betul, maka pertumbuhan bibit tersebut akan cepat dan hasilnya pun, pohon kelapa akan cepat berbuah.

Buatlah lubangan pada tanah dengan ukuran kira-kira 50cm. Kemudian gali tanah tersebut sedalam 40-50 cm. Setelah itu campurkan tanah dengan pupuk kandang untuk mengisi bagian tanah yang telah digali tersebut. Kompoisi campuran pupuk kandang dengan tanah bisa 2:10.


pohon bibit kelapa wulung
menyiapkan joganan untuk menanam bibit pohon kelapa genjah wulung

Keterangan gambar:

Cara menanam bibit kelapa Wulung yaitu, buatlah lubangan sekitar 50cm persegi. kemudian gali dengan kedalaman sekitar 40 cm. setelah tergali, masukkan pupuk kandang, atau tanah subur gembur ke dalam lubang tersebut.

Jangan terlalu penuh, tetapi sisakan sekitar 10 cm. taruh bibit kelapa wulung ke dalam lubang tersebut, dan tutupi dengan tanah gembur. Perlihatkan sedikit bola kelapanya.

Nah, dengan penjelasan di atas, Anda sudah bisa praktek menanam kelapa wulung sendiri di pekarangan rumah Anda. Tetapi jika dalam jumlah banyak, lebih baiknya Anda akan butuh bantuan orang lain...

bibit kelapa hijau wulung jogja
Kelapa Wulung serat merah Jogja



Related [baca Juga]:





LINK VIDEO kelapa wulung :




Relasi: bibit kelapa hijau wulung jogja, kelapa wulung salatiga, kelapa wulung Purworejo, kelapa wulung Kebumen, kelapa wulung Bali, kelapa wulung jakarta, kelapa wulung kudus, kelapa wulung jepara, kelapa wulung sragen, kelapa wulung solo, kelapa wulung klaten, kelapa wulung kalimantan, kelapa wulung sumatera, kelapa merah, kelapa pandan wangi

...
posted by bibit kelapa wulung purworejo



ALAMAT:  
Joho RT 3, Jambidan, Banguntapan, Bantul, 
Daerah Istimewa Yogyakarta 55195, Indonesia
No WA 085747757565

Terimakasih!!! ..
BY KEBUNMAS.COM

.

37 comments:

Firman_Yusuf said...

bibit kelapa wulung jogja, mantap pesanan cepat diantarkan dan bibit kualitas bagus. rekomended bagi yang ingin menanan bibit kelapa ijo wulung

asbarangka said...

Mas bibit kelapa wulung masih ada??
Bisa kirim ke Lampung?

Bibit tanaman inovasi said...

sangat bermanfaat, kapan2 saya beli gaan

blog kepiting segar kerang dara ijo batik

bibit kelapa wulung said...

masih ada mas bibit kelapa wulung bisa dikirim ke lampung

Bibit Jahe said...

mantap gan

kelapa muda said...

info yang bermanfaat gan,

pusat bibit buah said...

Artikel bagus. Ijin share pak...

Profil blogger said...

Kelapa wulung kaya manfaat untuk kesehatan tubuh

jual bibit ikan gabus said...

mantap gan.. kunjungi site saya di sini

D hardi sedayu said...

Bisa minta info. WA di 085729797878. Nwn

bibitikangabus said...

artikel bagus min...


bibit kelapa pandanwangi

bibit kelapa hijau wulung

bibit palem merah

bibit pisang cavendish

bibit strawberry said...

kelapa wulung unik dan bermanfaat

Rinto said...

Kirim ke Sumatra Utara bisa bos?

Unknown said...

Harga bibitnya brp boss?

Unknown said...

Assalamualaikum...bisa pesen Klapa wulunge mas arep tak nggo minyak

anak kos said...

mantap info kelapa wulungnya
sangat cocok untuk obat sekaligus peluang usaha anak kos

Bibit kelapa wulung said...

Iya gan, cocok untuk usaha sampingan anak kos

Bibit kelapa wulung said...

Waalaikumsalam.. sementara belum bisa pak.. kelapa wulung musim panas ini hampir semua dipanen untuk degan kelapa muda

Bibit kelapa wulung said...

Harga bibit kelapa wulung 50k pak perbatangnya

Bibit kelapa wulung said...

Bisa pak.. tinggal pilih pengiriman via cargo darat atau udara?

Bibit kelapa wulung said...

Iya gan

Bibit kelapa wulung said...

Top. Lancar gan

Bibit kelapa wulung said...

Okeey siap gan

Bibit kelapa wulung said...

Masih ready pak.. mau pesan berapa bibitnya? Ke lampung pengiriman via TAM cargo

bibit pisang cavendish said...

Info yg bermanfaat gan.. terima kasih

AHMAD IKMAWAN said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Kebun khusus kelapa Wulung ada di mana?

SUDANA SILVER said...

Klu di bali dimana bisa dpt bibitnya

Anonymous said...

Bibit kelapa wulung harga berapa?

Unknown said...

Cara pemesananx gmana gan,harga berapa gan??

M said...

Berapa harga kelapa wulunv

M said...

Berapa harga kelapa wulung

Unknown said...

Cek hrga smapai cilacap majenang jateng 53256 +ongkir jdi kena brp bos...

Anonymous said...

Cara pesan gimana,,harga berapa perbibit

Anonymous said...

Mantap informasinya

Anonymous said...

Bibit kelapa ijo Wulung dan bibit kelapa pandan wangi masih ada stok kah pak ?

BELAJAR cari UANG said...

Kelapa wulung nya masih kah