Friday, December 7, 2018

Pohon Kelapa Merah (Kelapa Wulung)

POHON KELAPA WULUNG 

kelapa wulung serat merah
gambar Kelapa merah kelapa wulung


Air kelapa wulung berupa cairan manis dan beraroma sedap khas mengandung elektrolit dan mineral yang mencerminkan kebutuhan tubuh manusia. Cairan ini menghidrasi, menyegarkan dan memiliki efek pendinginan sehingga menciptakan rasa adem pada tubuh.

Musim Berbuah


Kelapa wulung atau kelapa merah ini berbuah sepanjang tahun.

Fakta Kelapa Serat Merah


Pohon kelapa wulung memiliki batang yang kokoh. Kelapa kulit merah merupakan varietas kacang pohon Asia tenggara, Dikenal punya taste lebih manis daripada varietas lain, ia adalah kelapa hijau yang disukai di daerah tropis Asia Selatan, di mana mereka mendapatkan nama "Raja" dari buah kelapa. Banyak orang mencari untuk dikonsumsi sebagai obat.

Di Indonesia, masyarakat luas memakai air kelapa wulung dalam pengobatan penyakit dalam selama ratusan tahun. Dipanen dengan sangat hati-hati, dengan tangan dan diturunkan dari pohon-pohon palem tinggi menggunakan tali dan puli untuk menghindari kerusakan buah yang berharga.

Informasi Nilai Gizi Kelapa Merah

Kelapa Wulung adalah sumber yang kaya vitamin B-kompleks, asam amino, dan elektrolit, yang merupakan mineral seperti kalium, kalsium, natrium, magnesium, klorida dan fosfat. Cairan dalam buah kelapa Raja memiliki lebih banyak magnesium dan kalsium daripada jeruk, dan lebih banyak potasium daripada pisang.

Ini secara alami akan mengisi kehilangan elektrolit tubuh dengan berkeringat saat berolahraga atau jenis pengerahan tenaga lainnya. Ini membantu mencegah dehidrasi dan kelelahan. Kelapa wulung mengandung enzim bioaktif yang membantu pencernaan dan membantu metabolisme tubuh.

Penelitian telah menemukan bahwa air kelapa wulung muda memiliki sifat antioksidan. Cairan ini mengandung sejumlah kecil sukrosa alami, fruktosa dan glukosa. Pemanasan atau semua jenis suhu pasteurisasi dapat mengurangi manfaat nutrisi dari air kelapa Wulung.

Pemakaian Kelapa Merah


Kelapa wulung digunakan terutama pada bagian cairan yang terkandung di dalam kulitnya. Untuk membuka kelapa wulung, potong ujung batang dengan pisau tajam dan potong di sekitar ujung batang secara melingkar.

Potong di seluruh lapisan putih atasnya sampai nampak lapisan cukup tipis untuk menusuk lubang ke dalam cairan. Setelah cairan telah dituangkan, bagian dalam kulit memiliki lapisan lunak yang agak seperti agar-agar yang dapat dimakan.

Air kelapa muda wulung digunakan untuk menghidrasi kembali, minuman menyegarkan dan terbaik ketika diminum langsung dari kelapa. Ini dapat ditambahkan ke jus atau buah. Simpan buah kelapa wulung yang belum dipotong di atas meja sampai siap digunakan. Air kelapa wulung bisa disimpan hingga tiga hari di kulkas.

Budaya Pengobatan


Di Indonesia, kelapa wulung tidak terdapat semua tempat warung es kelapa muda. Kelapa wulung memiliki status sebagai minuman pilihan di daerah ini, praktisi tradisional telah menggunakan buah kelapa wulung secara medis selama ratusan tahun.

Cairan ini digunakan untuk mengobati masalah saluran kencingdan ginjal dan dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui. Meskipun ditanam di daerah tropis yang panas dan lembab, air di dalam kelapa wulung sering diresepkan untuk efek pendinginannya. Air juga diberikan kepada bayi untuk masalah usus dan diterapkan secara topikal pada bayi dengan biang keringat.

Sejarah Geografis


Kelapa wulung adalah jenis tanaman khas  Indonesia, Negara kepulauan besar yang terletak di selatan samudera Hindia. Di sinilah sebagian besar Kelapa wulung ditanam; Namun, mereka dapat ditemukan tumbuh di pulau-pulau lain di seluruh wilayah itu.

Produksi air kelapa wulung dianggap lebih berkelanjutan daripada kelapa hijau muda, yang dipanen sebelum daging dan kulit cukup dikembangkan untuk digunakan. Sejak 2015, berbagai perusahaan lokal, menjual air kelapa wulung dan penggunaannya telah meningkat di wilayah lain.

Peluang Agribinis Kelapa Merah


Kebutuhan kelapa wulung atau kelapa serat merah untuk konsumsi biasa maupun sebagai obat alternatif yang praktis dan murah, akan semakian popular di masa mendatang. Kesempatan bagi pegiat bisnis untuk mulai menumbuhkan bibit kelapa wulung sebagai profit agribisnis di ladang atau perkebuanan mereka.

Dengan munculnya variasi baru, yaitu kelapa wulung genjah (dwarf), posisi ini semakin menguntungkan. Kelapa wulung dapat mulai produktif mulai usia 4-5 tahun pasca tanam. Harga kelapa wulung di warung kaki-lima dibanderol antara Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000.




Diolah dari berbagai sumber. by: bibit kelapa wulung

1 comment:

michelle said...

Numpang promo ya Admin^^
ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^