Monday, November 5, 2018

Penjelasan Ilmiah Khasiat Air Kelapa Wulung

Penjelasan Ilmiah Khasiat Air Kelapa Wulung


Khasiat air kelapa ijo wulung Penjelasan Air Kelapa Wulung sebagai obat batu ginjal, atau tentang bibit kelapa wulung lebih lengkap silahkan baca artikel-artikel yang juga saya tulis di blog ini. Kami juga jual bibit kelapa hijau wulung untuk sedia tanam
kelapa ijo wulung asli


Kali ini saya akan berbagi informasi tentang beberapa manfaat mengkonsumsi air kelapa wulung. Saya rangkum dari sumber hasil penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Barlina dari Indonesian Coconut and Palmae Research Institute. Kelapa hijau wulung.

Pada dasarnya Air kelapa mengandung mineral, vitamin dan gula serta asam amino esensial. Karena kandungan terebut Air kelapa dapat dikategorikan sebagai minuman ringan bergizi tinggi yang bisa gunakan untuk pengobatan berbagai penyakit. 

Air degan kelapa muda, airnya cenderung berasa manis karena mengandung total gula 5,6%. Selain mengandung sejumlah makro dan mikromineral, air kelapa juga mempunyai nilai vitamin dan protein. Meskipun kandungan protein air kelapa muda hanya 0,1%, tetapi  ia mempunyai empat jenis asam amino yang lebih tinggi dibandingkan yang terkandung pada protein susu sapi.

Dari kandungan tersebut, menurut Grimword, air kelapa muda dapat diberikan kepada bayi selain itu, ada tujuh kandungan zat esensial, yaitu : ARG, LEU, LYS, TYR, HIS, PHE dan CYS.  Sedangkan GLU adalah  jenis asam amino tertinggi  dimana asam amino tersebut merupakan nutrisi penting untuk otak.

Nah, berikut ini hasil yang diperolah dari informasi khasiat air kelapa muda:

Air Kelapa wulung Sebagai Minuman Alami


Air kelapa muda tergolong sebagai minuman yang alami dan higienis serta memiliki komposisi gizi yang cukup baik. Oleh sebab itu dengan minum air kelapa muda selain dapat memenuhi rasa haus juga dapat mengurangi rasa lapar dalam jangka beberapa waktu.

Air Kelapa Wulung Muda Dapat Menyembuhkan Beberapa Jenis Penyakit

Menurut Seorang ahli kelapa, Woodroof, Air kelapa muda dikenal sebagai minuman yang banyak khasiatnya, seperti membunuh cacing perut, minuman yang baik bagi penderita kolera mengurangi gatal-gatal yang disebabkan oleh penyakit cacar  dan berbagai penyakit kulit. Hal ini disebabkan karena secara alami, air kelapa muda mempunyai komposisi mineral dan gula yang sempurna sehingga mempunyai keseimbangan elektrolit yang sempurna, sama dengan cairan tubuh manusia.

Hasil penelitian terbaru yang dilakukan Universitas Kerala di India menyebutkan orang yang menderita penyakit jantung, mungkin dapat mengurangi risiko terjadinya komplikasi jantung dengan minum air kelapa muda secara rutin. Penelitian itu dilakukan terhadap tikus sebagai hewan uji coba, karena tikus memiliki struktur jantung yang sama dengan manusia. Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa daya tahan tikus tersebut terhadap serangan penyakit jantung meningkat, setelah diberi minum air kelapa muda.

Dari 24 ekor tikus yang diujicobakan, 12 ekor yang diberi minum air kelapa muda ternyata terhindar dari masalah penyakit jantung. Tim peneliti yang diketuai Dr. T. Rajamohan dan Dr. P. Anurag percaya kalau air kelapa muda dapat menolong penderita jantung karena di dalamnya mengandung kalium (K), kalsium (Ca) dan magnesium (Mg)

Selanjutnya dikemukakan oleh Oslon et al  1984, dalam Karyadi dan Muhilal (1988), bahwa mengkonsumsi K yang tinggi dapat menurunkan hipertensi. Hanya saja di Indonesia belum ada data konsumsi K dalam sehari, sedangkan di negara maju diperkirakan 4-11 g/orang/hari (dalam bentuk KCl). Juga dapat menjadi minuman ideal untuk penderita diabetes. 

Khasiat Air Kelapa sebagai Obat Kuat dan kecantikan


Air kelapa muda yang dicampur dengan satu sendok teh madu merupakan campuran yang efektif yang dapat menguatkan pusat-pusat saraf seks. Selanjutnya menurut Kumar, dengan mencuci muka dengan air kelapa muda setiap hari merupakan salah satu cara untuk menghilangkan jerawat dan bintik-bintik hitam serta mencegah timbulnya keriput.

Khasiat Air Kelapa Media Pertumbuhan Sel

Air kelapa hijau wulung selain memiliki komposisi gizi yang baik. Hasil penelitian terhadap pertumbuhan Saccharomyces cerevisiae  menunjukkan, bahwa jumlah sel yang tumbuh pada media air kelapa muda lebih tinggi dari pada yang tumbuh pada air kelapa tua.  Pada air kelapa muda 79,75 juta sel/ml dan pada air kelapa tua hanya 69,25 juta sel/ml. Selanjutnya ilmuwan Fipilina telah menemukan bahwa air kelapa merupakan medium sederhana yang dapat memproduksi antibiotik Oxytetracycline yang secara umum dikenal sebagai tetramycine.

Inilah beberapa khasiat konsumsi air kelapa wulung selain untuk menghancurkan batu gijal. Manfaat yang terbukti secara empiris melalui beberapa penelitian di bidang ilmiah. Pemanfaatan bukah kelapa dan air kelapa wulung yang mengandung banyak gizi, vitamin serta zat-zat yang berguna bagi tubuh sangat cocok dikonsumsi sebagai suplemen penjaga kesehatan. Selamat mencoba…

Untuk Penjelasan Air Kelapa Wulung sebagai obat batu ginjal, atau tentang bibit kelapa wulung lebih lengkap silahkan baca artikel-artikel yang juga saya tulis di blog ini. Kami juga jual bibit kelapa hijau wulung untuk sedia tanam jika Anda berminat, silahkan hubungi nomor WA di atas.. Terima kasih atas kunjungannya.


Sumber pustaka Kelapa wulung



Grimwood, B.A. Coconut Palm Product.  FAO. Agricultural Development. 1979.

Kumar, T.B.N, “Tender coconut water : Nature’s finest drink”. Indian Coconut Journal-XXXII Cocotech Special. 1995. 26 (3) :4245.

Rindengan Barlina, “Potensi Buah Kelapa Muda untuk Kesehatan dan Pengolahannya” Jurnal Perspektif, Volume 3 Nomor 2,  Desember 2004 : 46 – 60.

Thampan, P.K., 1981. Handbook on Coconut Palm. Oxford and IBH Publishing Co. New Delhi, India. 311pp.

Woodroof, J.G. Coconut: Production, processing products. The Avi Publishing Company, Inc. Westport, Connecticut. 1979.



posted by Student

No comments: