Tuesday, November 13, 2018

PERBEDAAN VARIETAS KELAPA GENJAH ENTOK, DALAM, HIBRIDA

MENGENALI PERBEDAAN VARIETAS KELAPA GENJAH ENTOK, DALAM, HIBRIDA

tanaman unggul bibit kelapa genjah entok ada genjah kopyor ada genjah hibrida dan pandan wangi. Tanaman kelapa pada umumnya kita ketahui ada tiga varietas yang berbeda, di antaranya ada kelapa genjah, kelapa dalam dan kelapa hibrida. Bagi peminat tanaman pohon kelapa, tahu perbedaan jenis pohon kelapa adalah hal yang penting. Berikut ini, saya sajikan keunggulan dan kelemahan terkait informasi tentang jenis-jenis tanaman kelapa yang beredar di Indonesia.
Kelapa Varietas Genjah - Bibit Tanaman Unggul*


Bibit tanaman unggul - bibit kelapa wulung - Tanaman kelapa pada umumnya kita ketahui ada tiga varietas yang berbeda, di antaranya ada kelapa genjah, kelapa dalam dan kelapa hibrida. Bagi peminat tanaman pohon kelapa, tahu perbedaan jenis pohon kelapa adalah hal yang penting. Berikut ini, saya sajikan keunggulan dan kelemahan terkait informasi tentang jenis-jenis tanaman kelapa yang beredar di Indonesia.

Berikut ini Perbedaan dari 3 jenis kelapa tersebut:

1. VARIETAS KELAPA GENJAH


Kelapa genjah adalah nama lain dari kelapa berbatang pohon pendek yang lekas berbuah. Nama genjah diambil dari sinonim kata yang berarti pendek. Secara istilah kelapa genjah dimaksudkan untuk mengenali kelapa yang punya pohon pendek dan lebih cepat berbuah.

Varietas genjah mempunyai ciri-ciri:

  • Bentuk batang ramping dari pangkal sampai ujung.
  • Tinggi batang mencapai 5 meter atau lebih
  • Mulai berbuah lebih cepat (3-4 tahun setelah tanam)
  • Mampu mencapai umur lebih dari 50 tahun
  • Peka terhadap lingkungan dan perubahan iklim
Tanaman kelapa genjah ini telah banyak dibudidayakan sehingga menghasilkan keturunan yang berbeda. Di Jawa,  kita bisa menemukan tanaman kelapa genjah atau kelapa pendek ini pada jenis kelapa kopyor, kelapa genjah entok, kelapa puyuh, kelapa gading kuning, kelapa genjah nias, dan kelapa pandan wangi. 

Pesebaran tanaman kelapa genjah ini, khusus kelapa kopyor bahkan sudah mencapai luar negeri, seperti Malaysia, Sigapura, Vietnam dan Tahiland. 


2. VARIETAS KELAPA DALAM


Kelapa dalam Hijau yang sering kita temukan, pada umumnya berjenis (species) kelapa varietas dalam (tall variety) yang umumnya mampu hidup di semua tempat.

Ciri-ciri Varietas Dalam:

  • Memiliki batang yang tinggi dan besar
  • Dapat tumbuh tinggi mencapai 30 meter atau lebih
  • Pangkal batang biasanya berukuran lebih besar dari batang
  • Mulai berbuah kisaran 6-8 tahun setelah tanam
  • Berumur panjang, dapat mencapai umur 100 tahun atau lebih
  • Daging buahnya tebal dan kadar minyak yang tinggi
  • Lebih kuat terhadap penyakit atau hama tumbuhan


3. VARIETAS KELAPA HIBRIDA


Kelapa hibrida yaitu hasil persilangan antara varietas genjah (sebaga ibu) dengan varietas dalam (sebagai bapak). Dengan persilangan ini diharapkan terkumpul sifat-sifat baik dari kedua induknya.

Keunggulan kelapa hibrida adalah pohon cepat berbuah, memliki daging kelapa yang tebal sangat cocok dibuat santan dan kopra.

Varietas kelapa hibrida lebih disukai masyarakat karena cepat berbuah yaitu pada usia 3-4 tahun setelah ditanam dengan produksi kopra sekitar 6-7 ton tiap tahun dalam lahan seluas satu hektare pada usia 10 tahun. Kami jual bibit kelapa hibrida unggul siap tanam.

Baca Juga: 






Tanaman kelapa di atas sebagaian masih sulit ditemui, seperti kelapa ijo asli atau wulung atau serat merah. Kami Jual bibit kelapa wulung asli serabut merah. Bila Anda berminat untuk menanam kelapa tersebut, silahkan hubungi nomor WA 0857 4775 7565 (Bpk. Hasan Bantul). Silahkan berkunjung ketempat kami, atau jika Anda di luar kota, pesanan bibit kelapa bisa dikirim melalui jasa pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. Terimakasih


*keterangan asal foto kelapa pendek di atas, dari situs pertanian di luar negeri pada tahun 2015. HIngga sekarang foto ini telah diupload ulang lebih dari 100 kali. Gambar kelapa pendek tersebut bebas lisensi.

3 comments:

bibitikangabus said...

nitip komentar min...

bibit kelapa wulung

bibit kelapa pandanwangi

bibit kelapa hijau wulung

bibit palem merah

bibit pisang cavendish

michelle said...

ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

Unknown said...

Sangat tertarik untuk tanam kelapa