Monday, July 22, 2019

Fungsi Tanaman pohon Kelapa Wulung kehidupan

Fungsi Tanaman Pohon Kelapa Wulung Bagi Kehidupan Dunia

pohon kelapa wulung tanaman
tanaman pohon kelapa wulung

Kelapa wulung adalah jenis kelapa yang paling berguna dan kaya manfaat. Setiap bagian dari pohon "lambang pramuka" dapat berfungi untuk keperluan hidup manusia. Dalam istilahnya, bibit kelapa wulung dikenal sebagai 'kalpavriksha' yang berarti bibit pohon surga.

Fakta Kelapa Wulung


Tanaman Kelapa berasal dari pohon kelapa yang tumbuh di seluruh daerah tropis dan subtropis. Nama pohon kelapa berasal dari pelaut Portugis abad ke-16 yang mengira 3 lubang kecil pada tempurung kelapa menyerupai wajah manusia sehingga dijuluki buah "coco" yang berarti "menyeringai wajah, menyeringai, atau meringis" Kata kacang ditambahkan dalam bahasa Inggris.

Tanaman pohon kelapa (Cocos nucifera) dapat tumbuh setinggi 30 m (98 kaki) dan daun daun sepanjang 4-6 m (13.1–19.7 kaki). Secara teknis, buah kelapa adalah drupe, bukan kacang. Buah berbiji khas termasuk persik, plum, dan ceri.

Pada tahap awal pertumbuhan, buah kelapa wulung mengandung kadar air yang tinggi yang dapat dikonsumsi langsung sebagai minuman yang menyegarkan. Air juga mendapatkan popularitas sebagai minuman olahraga karena mengandung kadar gula yang baik, serat makanan, protein, antioksidan, vitamin, dan mineral.

Air kelapa hijau wulung bisa menjadi pengganti plasma darah. Tingginya kadar gula dan garam lainnya memungkinkan untuk menambahkan air ke aliran darah, mirip dengan cara kerja larutan IV dalam pengobatan modern. Konon, Air kelapa diketahui digunakan selama Perang Dunia II di daerah tropis untuk transfusi darurat.

Sabut kelapa wulung yang berwarna pink, (serat dari kulit) jika sudah tua dapat digunakan untuk membuat tali, tikar, sikat, karung, gala untuk kapal, dan sebagai isian kasur. di samping itu, sabut tua bisa dirontokkan menjadi Cocopeat untuk media penyemaian benih atau biji tumbuhan.

Fungsi daun kelapa wulung memiliki banyak kegunaan seperti untuk membuat sapu lidi, anyaman untuk membuat keranjang atau tikar, atau dikeringkan dan digunakan sebagai jerami untuk atap. Bagian putih dari biji kelapa disebut daging kelapa. Ini memiliki jumlah tinggi Mangan, Kalium, dan Tembaga. Dagingnya digunakan segar atau kering dalam masakan, terutama di permen dan makanan penutup seperti makaroni.

Kopra kelapa wulung adalah istilah yang digunakan untuk daging kering. Ini dapat diproses untuk menghasilkan minyak kelapa yang digunakan dalam memasak, dalam sabun, kosmetik, minyak rambut, dan minyak pijat urut.

Kayu dari batang pohon kelapa merupakan kayu keras, secara tradisional bagi masyarakat digunakan untuk membangun jembatan, rumah, gubuk dan perahu di daerah tropis. Kelurusan kayu, kekuatan, dan tahan garam membuatnya menjadi bahan bangunan yang dapat diandalkan.

Kelapa kelapa ditanam di lebih dari 80 negara. 3 negara penghasil kelapa teratas pada tahun 2010 adalah Filipina, Indonesia dan India.

Di Thailand, Malaysia dan Indonesia, monyet ekor panjang yang terlatih digunakan untuk memanen kelapa. Bahkan, di beberapa tempat ada sekolah pelatihan untuk monyet-monyet ini di beberapa negara dan setiap tahun diadakan kompetisi untuk menemukan pemanen buah kelapa paling cepat.

Pada tanaman pohon kelapa wulung genjah, pohon pendek maka relatif mudah dipetik buahnya tanpa perlu memanjat terlalu tinggi atau menggunakan jasa monyet untuk panen.

Kelapa tidak terdispersi seperti buah berbiji lainnya (melalui konsumsi oleh satwa liar). Sebaliknya kelapa sawit menyebarkan bijinya menggunakan laut. Kelapa sangat ringan dan tahan air dan dapat menempuh jarak yang sangat jauh melintasi lautan.

Maladewa memiliki pohon kelapa di lambang negara nasional. Ini adalah pohon nasional dan dianggap sebagai tanaman paling penting di pulau mereka.

Penjualan Produk Kelapa 


Penjualan kelapa telah mencapai ketinggian baru, dengan pengecer makanan kesehatan berjuang untuk memenuhi permintaan tren makanan super, karena konsumen menghabiskan banyak uang untuk air turunan, tepung dan produk pengganti susu, meskipun kandungan lemak jenuh tinggi.

Pengecer makanan organik Deborah Wray melaporkan bahwa penjualan air kelapa meningkat tiga kali lipat dalam enam bulan terakhir, dan kedelapan toko Wray Organiknya tidak dapat mengimpor cukup tepung kelapa untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Ada juga permintaan yang kuat untuk minum kelapa dan minuman berbasis santan, yogurt dan es krim. Minyak kelapa - digunakan untuk alasan nutrisi dan kecantikan - dijual hingga $ 32,95 per liter online, sementara tepung kelapa harganya $ 15-20 per kg. Plantations International berada di negara yang tepat pada waktu yang tepat untuk mendapat untung dari lonjakan permintaan ini.

Negara Penghasil Kelapa


Panen Kelapa dan Hasil

kebun kelapa Rata-rata, kelapa menghasilkan 44 kacang / sawit / tahun. Namun, di bawah budidaya ilmiah Pantai Barat Tinggi memberi 80 kacang / sawit / tahun di pesisir Kerala dan Karnataka. Hibrida menghasilkan 100-140 kacang / sawit / tahun. Pada 1 hektar Anda dapat menggunakan pertanian presisi dan menanam 1.000 pohon.

Rata-rata perkebunan yang terpelihara dengan baik bisa mendapatkan 100-400 kelapa per tahun, tetapi untuk contoh ini kami di Plantations International akan menggunakan 120 kacang per tahun X 1.000 pohon = 120.000 kacang per tahun.

Persyaratan Tanah Kebun Kelapa

Kelapa dapat ditanam di berbagai jenis tanah. Namun, tanah lempung berpasir merah, tanah aluvial, laterit dan pantai berpasir dengan baik yang kaya akan bahan organik dan dengan pH berkisar 5,0 hingga 8,0 merupakan yang terbaik untuk pertumbuhan dan hasil yang lebih tinggi.

Pemilihan Lokasi Kebun Kelapa

Pemilihan lokasi memainkan peran utama dalam menghasilkan kelapa. Tanah dengan kedalaman minimum 1,2 hingga 1,5 meter dan kapasitas penampung air yang baik harus dipilih untuk penanaman kelapa. Tanah dengan batuan keras atau tanah dengan genangan air dan drainase yang buruk harus dihindari. Tanah liat tidak cocok untuk produksi kelapa.

Persiapan dan Penempatan Lahan Perkebunan Kelapa

Pertama dan terpenting, dalam pertanian apa pun, ukuran lubang tergantung pada jenis tanah dan permukaan air tanah. Di tanah liat, lubang dengan ukuran 1 x 1 x 1 meter harus digali dan diisi dengan tanah bagian atas hingga ketinggian 40 hingga 50 cm. Di tanah laterit, lubang besar direkomendasikan dan lubang ukuran 1,2 x 1,2 x 1,2 meter harus digali dan diisi dengan tanah gembur, pupuk kandang pertanian busuk seperti kotoran sapi dan abu hingga kedalaman 55 hingga 60 cm sebelum ditanam. Untuk konservasi kelembaban, 2 lapisan sabut kelapa harus ditempatkan di bagian bawah lubang dengan permukaan cekung menghadap ke atas sambil mengisi lubang. Untuk pencegahan serangan rayap, BHC 10% DP harus ditaburkan pada sabut kelapa. Untuk melunakkan wajan keras tanah, garam biasa 2 kg per lubang harus diterapkan setidaknya 6 bulan sebelum perkebunan.

Secara umum, sistem penanaman persegi lebih disukai dengan jarak 7,5 x 7,5 meter yang akan menampung 178 pohon kelapa per 1 hektar. Namun, jarak 7,0 hingga 10 meter dipraktekkan di banyak daerah penanaman kelapa di negara ini.

Pemilihan bibit kelapa wulung yang berkualitas sangat penting untuk hasil yang lebih baik. Petani harus memilih bibit kelapa yang kuat berumur 1 tahun dan memiliki minimal 10 cm pada tingkat kerah untuk ditanam di lahan pertanian. Pemisahan awal daun pada bibit bisa menjadi faktor pemilihan bibit yang baik. Dalam kasus daerah yang tergenang air, bibit berumur 18 bulan sampai 24 bulan lebih disukai. Musim tanam terbaik di pertanian kelapa adalah Mei hingga Juni yang merupakan kerangka waktu pra-musim.

Perbanyakan Kelapa

Perbanyakan dilakukan melalui biji. Bibit dapat dibesarkan di tempat tidur pembibitan dan ditransplantasikan di bidang utama.

Pupuk dan Pupuk Perkebunan Kelapa

Pemupukan rutin dan pupuk kimia harus dilakukan sejak tahun pertama penanaman untuk pertumbuhan vegetatif yang tepat, pembungaan awal dan pembuahan buah. Aplikasi pertama pupuk organik harus dilakukan setelah 3 bulan perkebunan kelapa. Dalam kasus tanah lateritik dan asam, Batu fosfat direkomendasikan sebagai sumber fosfor. Biasanya pupuk harus diterapkan dalam 2 dosis terbagi selama bulan Mei hingga Juni dan bulan September hingga Oktober untuk pohon tadah hujan. Dalam kasus telapak tangan irigasi, 4 atau lebih dosis terbagi harus dilakukan untuk menghindari periode hujan lebat. Dalam hal tanah berpasir dengan sifat asam, 1 kg dolomit harus ditambah selama bulan April sampai Mei di cekungan tanaman dan harus dipaksa masuk ke dalam tanah. Aplikasi ini selain pupuk biasa.


Irigasi Kebun Kelapa

Pohon kelapa membutuhkan 200 hingga 250 liter air sekali dalam 4 hari di bawah kondisi irigasi di mana pada musim panas, 40 hingga 45 liter air / kelapa sawit / minggu akan meningkatkan hasil. Dalam hal masalah air, seseorang harus pergi untuk irigasi tetes. Jumlah air yang direkomendasikan untuk irigasi tetes adalah 66% dari penguapan panci terbuka. Namun, mengairi telapak tangan tergantung pada jenis tanah dan kondisi iklim.

Budidaya Kelapa Wulung


Kegiatan pembibitan di Perkebunan Kelapa

Sebagai bagian dari operasi antar budaya, membajak, menggali dan membentuk gundukan kecil selama bulan Agustus-September dan menyebarkannya pada bulan Desember hingga Januari harus dilakukan. Operasi menguntungkan lainnya adalah, membuat cekungan dangkal dengan radius 2 meter sebelum mulainya musim hujan dan mengisinya pada penutupan musim hujan. Untuk mengendalikan gulma, disarankan untuk melakukan operasi antarbudaya secara rutin. Mulsa dapat dilakukan di cekungan pohon dengan jerami kering untuk mempertahankan kelembapan, mengontrol pertumbuhan gulma dan melindungi tanah dari erosi.

Perkebunan Kelapa Antar-tanam

Petani dapat memanfaatkan ruang antar di kebun kelapa dengan menanam tanaman seperti pisang, kacang tanah (kacang tanah), ubi kaki gajah, nanas, ubi, cabai atau sayuran dan tanaman polong lainnya selama periode 6 sampai 8 tahun awal. Di perkebunan tua kelapa, kayu manis, kakao, lada dan cengkeh dapat dibudidayakan sebagai tanaman campuran bersama dengan antar-tanaman. Pertanian campuran dengan menanam rumput pakan ternak seperti rumput guinea atau napier hibrida sangat ditemukan dan juga mendukung kebutuhan pakan ternak.

Memangkas Perkebunan Kelapa

Kegiatan pemangkasan pohon kelapa wulung seperti membuang daun kering atau daun mati atau daun berpenyakit harus dilakukan secara teratur. Pembersihan secara teratur bak palem akan memeriksa gulma.

Hama dan Penyakit di Perkebunan Kelapa

Berikut ini adalah hama dan penyakit utama yang ditemukan di perkebunan kelapa.
Hama serangga utama yang ditemukan di perkebunan kelapa adalah: Serangga Mealy dan Serangga sisik, Rayap, Lundi putih, Tungau Eriophid dari Kelapa, Ulat Caterpillar, Kumbang Badak, Kumbang Badak Merah, Ulat Kepala Hitam, Ulat Kepala Hitam, Ulat Coreid dan Tikus.

Penyakit utama yang ditemukan dalam pertanian kelapa adalah: Busuk tunas, Busuk daun, Pendarahan batang, Penyakit akar (layu), Tanjavur layu, Mahali, Crown chocking, Busuk daun atau Gray Leaf Spot, Penyakit Tatipaka.

Untuk gejala dan tindakan pengendaliannya terhadap hama dan penyakit ini di perkebunan kelapa, hubungi departemen Hortikultura / Pertanian terdekat atau setempat.

Panen Perkebunan Kelapa


Umumnya, pohon kelapa wulung akan siap dipanen dalam waktu sekitar 1 tahun setelah pembukaan spathe. Kelapa dipanen pada interval yang berbeda berdasarkan kebutuhan. Biasanya kelapa dipanen pada tahap tender untuk keperluan air kelapa. Frekuensi panen juga tergantung pada hasil pohon palem. Di kebun yang terawat baik, tandan kelapa diproduksi secara teratur dan panen dapat dilakukan sebulan sekali. Pohon kelapa dapat menghasilkan hingga 60 tahun dan kehidupan ekonominya sekitar 60 hingga 65 tahun.

Hasil Perkebunan Kelapa

Tidak ada refersensi yang baku, tapi pada umumnya hasil tanaman tergantung pada jenis (varietas) dan tanah, kondisi iklim, fasilitas irigasi dan praktik manajemen perkebunan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang budiaya tanaman kelapa, kami menyediakan macam-macam jenis kelapa, seperti: kelapa genjah entok, kelapa wulung, kelapa gading, kelapa kopyor, kelapa hibrida, kelapa pandan wangi dll.

Star Bibit Nursery
Jl Parangtritis KM 17 Yogyakarta
WA 085747757565

...

2 comments: