Tuesday, August 20, 2019

MENGENAL VARIETAS PEMASARAN KELAPA IJO

MENGENAL VARIETAS HINGGA PEMASARAN KELAPA IJO

varietas Viridia (kelapa hijau), Rubescens (kelapa merah), Macrocorpu (kelapa kelabu), Sakarina (kea manis) dan kelapa Genjah dengan varietas Eburnea (kelapa gading), Varietas regina (kelapa raja), Pumila (kelapa puyuh), Pretiosa (kelapa raja malabar), dan Kelapa hibrida. kelapa ijo.
bibit kelapa ijo asli

Hallo teman-teman, kali ini saya berbagi tulisan tentang jenis atau varietas tanaman kelapa yang ada di Indonesia. Tanaman kelapa banyak tumbuh di sini, tahu nggak? kalau ternyata pohon kelapa itu tidak sama, alias ada macam-macam jenis yang berbeda loh. Secara umum ada tiga, yaitu jenis dalam, genjah, dn hibrida. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Pohon Kelapa (L: Cocos nucifera l) termasuk famili palmae secara umum dibagi tiga: Kelapa dalam dengan varietas Viridia (kelapa hijau), Rubescens (kelapa merah), Macrocorpu (kelapa kelabu), Sakarina (kea manis) dan kelapa Genjah dengan varietas Eburnea (kelapa gading), Varietas regina (kelapa raja), Pumila (kelapa puyuh), Pretiosa (kelapa raja malabar), dan Kelapa hibrida. kelapa ijo.

Varietas Kelapa Dalam


Unntuk ciri-ciri pohon kelapa varietas dalam, yaitu pohon berbatang tinggi dan besar, tingginya mencapai 30 meter atau lebih. Kelapa dalam mulai berbuah agak lambat,yaitu antara 6-8 tahun setelah tanam dan umurnya dapat mencapai 100 tahun lebih. Adapun keunggulan dar varietas ini yaitu:

  • Produksi kopra lebih tiggi, yaitu sekitar 1 ton kopra/ha/tahun pada umur 10 tahun.
  • Produktivitas pada pohon normal sekitar 90 butir/pohon/tahun.
  • Daging buah kelapa ini tebal dan keras dengan kadar minyak yang tinggi.
  • Tanaman jenis dalam Tall ini lebih tahan terhadap hama dan penyakit.


Varietas Kelapa Genjah (kelapa pendek)


Kelapa genjah atau kelapa pendek ini adalah varietas punya kelebihan dan kekurangannya. Misalnya kelapa ini peka pada lingkungan yang kurang baik atau mudah dipengaruhi perubahan iklim. Namun kelapa jenis ini punya buah yang lebat, batang pohonnya tak terlalu tinggi dan mulai berbuah pada usia 4-5 tahun setelah pembibitan.


  • Kelapa varietas genjah mempunyai kelemahan antara lain:
  • Peka terhadap keadaan lingkungan yang kurang baik.
  • Berbuah lebat tetapi mudah dipengaruhi fluktuasi iklim.
  • Ukuran buah relatif kecil, kadar kopranya rendah yakni hanya sekitar 130 gram perbuah, dan kadar minyaknya 65 % dari bobot kering daging buah.


Varietas Kelapa Hibrida atau hybrid


Varietas tanaman kelapa hibrida masih menjadi unggulan masyarakat yang memiliki perkebunan kelapa. Hibrida cepat berbuah yaitu pada usia 3-4 tahun setelah ditanam dengan produksi kopra sekitar 6-7 ton tiap tahun dalam lahan seluas satu hektare pada usia 10 tahun. Produksi buah mencapai 140 buah per pohon setiap tahunnya. Dagingnya lebih tebal dan keras dengan kandungan minyak yang tinggi. Kelapa varietas hibrida diperoleh dari hasil persilangan antara varietas genjah dengan varietas dalam.Hasil persilangan itu merupakan kombinasi sifat-sifat yang baik dari kedua jenis varietas asalnya.


  • Sifat-sifat unggul yang dimiliki oleh kelapa hibrida adalah:
  • Lebih cepat berbuah, sekitar 3-4 tahun setelah tanam.
  • Produk kopra tinggi, sekitar 6-7 ton /Ha/tahun pada umur 10 tahun.
  • Produktivitas sekitar 140 butir/ pohom/ tahun.
  • Daging tebal, keras dan kandungan minyaknya tinggi.
  • Produktivitas tandan buah sekitar 12 tandan dan berisi sekitar 10-20 butir buah kelapa, daging buahnya mempunyai ketebalan sekitar 1,5 centi meter.


BUDIDAYA TANAMAN KELAPA IJO


Tanah yang BAGUS untuk penanaman kelapa ijo atau kelapa wulung adalah tanah berpasir, berabu gunung, dan tanah berliat. dengan pH tanah 5,2 hingga 8 dan mempunyai struktur remah sehingga perakaran dapat berkembang dengan baik.

keadaan sinar matahari banyak minimal 120 jam perbulan , jika kurang dari itu produksi buah akan rendah. Iklim Suhu yang paling cocok adalah 27ºC dengan variasi rata-rata 5-7 º C, suhu kurang dari 20º C tanaman kurang produktif.

Keadaan curah hujan yang baik 1300-2300 mm/th. Kekeringan panjang menyebabkan produksi berkurang 50% , sedangkan kelembapan tinggi menyebabkan serangan penyakit jamur.
Angin yang terlalu kencang terkadang merugikan tanaman yang terlalu tinggi terutama varietas dalam.

PEMBIBITAN KELAPA IJO


Pilih buah kelapa ijo yang bagus dan tua, rendam dengan larutan air + HORMONIK dengan dosis 1 tutup per l0 liter air selama 2 minggu, kemudian semaikan bibit di bedengan dan kedalaman sama dengan buah kelapa , timbun buah kelapa dengan letak horizontal dengan tebal timbunan 2/3 buah. Jarak antar bibit 25cm x 25 cm dan bibit akan berkecambah setelah 12-16 minggu, jika lebih dari 5 bulan tidak berkecambah dianggap mati/ bibit jelek. Rawat bibit di bedengan hingga umur 30 minggu atau berdaun 3 lembar. Lakukan penyiraman bila tanah kurang air.

Bibit dipelihara dengan pemberian pupuk POC NASA hingga umur bibit kurang lebih 9 bulan dengan dosis 1-2 cc/lt air perbibit disiramkan 1-2 minggu sekali. Jangan mengabaikan tindakan preventif perlindungan tanaman dari gangguan ternak atau dengan memasang pagar kayu.

PEMANENAN KELAPA IJO


Untuk kelapa jenis dalam, umur berbuah setelah 8-10 tahun, dan umur bisa mencapai 60 - 100 tahun dengan produksi yang diharapkan adalah kopra. Untuk kelapa jenis genjah berbuah setelah umur 3 - 4 tahun dan berbuah maksimal pada saat umur 9 - 10 tahun, dan bisa mencapai umur 30 - 40 tahun kurang bagus untuk kopra karena daging buahnya yang lunak.
Panen buah kelapa dilakukan menurut kebutuhannya. Jika kelapa yang diinginkan dalam keadaan kelapa masih muda kira-kira umur buah 7 -8 bulan dari bunganya. Jika ingin mengambil buah tua untuk santan atau kopra dipanen di saat umur sudah mencapai 12-14 bulan dari berbunga atau jika sudah tidak lagi terdengar suara air di dalam buahnya.

PEMASARAN KELAPA IJO


Kelapa muda ijo menjadi andalan pedagang buah kelapa muda. Kelapa ijo ini banyak dibutuhkan masyarakt untuk obat kesehatan dan manfaat yang banyak. Air buah adalah komponen utama dari buah kelapa ijo ini. Sedangkan daging, sabut,Tempurung dan air buah merupakan hasil sampingan.

Dengan produksi buah kelapa di Indonesia rata-rata 15,5 milyar butir/tahun,Kemudian bahan ikutan yang dapat diperoleh 3,75 ton air,0,75 ton arang tempurung, 1,8 juta ton serat sabut dan 3,3 juta ton debu sabut sebagai hasil samping.Kelayakan usaha pengolahan hasil samping buah kelapa sangat menjanjikan bila direncanakan dan dikelola dengan baik.

Kelapa ijo tua berguna sekali sebagai bahan pembuatan minyak urut kelapa. Atau biasa masyarakat jawa menggunakannya untuk minuman minyak yang dipercaya mengandung antioksidan dan bermanfaat untuk kesehatan.

Minyak kelapa ijo tergolong masih jarang ditemui di pasaran, Produksi minyak yang terbatas dari kelapa ijo ini kurang mampu memenuhi kebutuhan pasar. Peluang besar untuk menanam bibit kelapa ijo atau bibit kelapa wulung ini untuk investasi jangka panjang.

Kami menyediakan bibit kelapa dalam berbagai varietas, ada kelapa dalam, kelapa gading, bibit kelapa ijo, kelapa kopyor, kelapa wulung dan kelapa hibrida. Anda bisa mendapatkan bibit tanaman kelapa yang berkualitas dan siap untuk ditanam. Silahkan hubungi nomor WA 085747757565 (Hasan Bantul). Bibit kelapa ini berlokasi di Jogja. Jl Paris KM 17 Bantul Yogyakarta.


No comments: