Sunday, January 13, 2019

BUDIDAYA KELAPA PANDAN WANGI JOGJA

BUDIDAYA KELAPA PANDAN WANGI 


Pohon Kelapa padan wangi telah mulai dibudidayakan di Indoensia. Kelapa unik beraroma wangi ini mempunyai harga yang cukup mahal. Dengan alasan harga yang tinggi itu, pohon kelapa pandan wangi mulai di budidayakan.

Misalnya seperti di daerah indonesia bagian tengah, sejak Maret 2017 telah dimulai kegiatan pengiriman dan pendederan benih  Pulau Tarakan, kalimantan. Untuk mendukung keberhasilan pengembangan kelapa tersebut, sebelumnya Kepala Balit Palma juga sudah melihat langsung ke lokasi pendederan yang berada tak jauh dari derah tersebut.

Pengalaman budidaya di Indoensia


Dalam budidaya kelapa pandan wangi terseut, kebutuhan benih unggul kelapa untuk lahan seluas 1.500 ha tersebut sebanyak 300 ribu butir. Jumlah tersebut diharapkan dipenuhi dalam dua tahun. "Nah, khusus Kelapa Pandan Wangi ini, sementara memang akan kita fokuskan di Sebatik. Untuk ke depannya, tidak menutup kemungkinan juga dikembangkan di Nunukan, Bulungan maupun di Tarakan. Kita menunggu pelepasan bibit, karena hanya dari Mentan yang berhak melepaskan," ungkap Andi.

Mengenai penamaan buah Kelapa Pandan Wangi yang kini banyak sudah tumbuh di Sebatik tersebut, Andi belum bisa menentukan. Dirinya akan melaporkan hal tersebut kepada Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie. "Sementara fokus ke indentifikasi ini dulu," ujarnya.

Disamping memperbanyak pohon serta menjaga kualitas, hal yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana pemasaran kelapa-kelapa yang dihasilkan nanti. "Kalau hasilnya banyak, tapi pasarnya tidak ada, juga percuma. Makanya yang kita pikirkan juga pasarnya.

kami menyediakan macam-macam bibit kelapa; bibit kelapa pandan wangi, Bibit kelapa wulung, kelapa ganjah entok, kelapa gasing dengan kualitas terbaik dan unggul siap ditanam. Silahkan hubungi nomor WA 0857-4775-7565. 

terimakasih atas kunjungannya... 

2 comments:

Unknown said...

oke gan, mampir ke chanelku ya
blog kelapa kopyor

lovemachoco said...

numpang promote ya min ^^
buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||