Sunday, January 13, 2019

ciri ciri kelapa pandan wangi

ciri ciri kelapa pandan wangi


Kelapa pandan wangi memiliki ciri-ciri pada kelebihan rasa yang lebih manis, ditambah dengan aroma wangi pandan yang segarnya semakin memukau. Kelapa yang asal mulanya dari Negara Thailand ini, juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Seperti laporan berikut: "Kita ke sini (Sebatik) sebagai tindak lanjut dari kunjungan Pak Menteri (Amran Sulaeman). Ketika itu Pak Menteri disuguhi kelapa. Dan ternyata itu (kelapa) aromanya beda, rasanya juga lebih manis dari kepala biasanya. Ini Kelapa Pandan Wangi, kata pak menteri. 

Harganya kelapa pandan wangi cukup mahal, kalau di Singapura bisa sampai Rp 90.000 per butir. Ini potensi luar biasa, kata Dudi Gunadi, Direktur Perlindungan Perkebunan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementan yang memimpin rombongan untuk melakukan identifikasi kelapa di Sebatik, Rabu (22/11) lalu.

Dari laporan awal, sebut Dudi yang datang bersama beberapa ahli kelapa dan bidang terkait di Kementan itu, di Sebatik ada sedikitnya 300 titik yang banyak ditumbuhi kelapa jenis Pandan Wangi.

Survey yang dilakukan kementan, mulai 22 hingga 24 November lalu, berhasil mengidentifikasi hingga pengambilan buah kelapa yang nantinya akan dijadikan indukan untuk dikembangkan menjadi benih unggulan Kelapa Pandan Wangi.

Tahap budidaya kelapa pandan wangi


"Pertama yang akan kita lakukan adalah mengidentifikasi. Nanti kita ambil buahnya, kita cium aromanya, dirasakan. Jadi bisa diketahui, tingkat aromanya. Juga keaslian dan kekhasannya sampai di mana. Ini semua perlu penelitian dulu. Kita juga akan menentukan pohon induk terpilih, untuk nantinya dijadikan indukan," jelas Dudi.

Setelah melalui proses penelitian dan pembenihan, dan memenuhi syarat, lanjut dia, bibit-bibit yang dihasilkan baru bisa dilepas oleh kementerian. "Yang berhak melepas hanya dari Mentan. Setelah melalui berbagai penilaian, mulai dari segi varietas, asal muasal dan lain-lainnya. Semua harus jelas," kata dia lagi.

Sementara itu, Kepala Balai Penelitian Palma Kementan Ismail Maskromo menambahkan, Kelapa Pandan Wangi atau dalam bahasa latinnya Cocos Nucifera, adalah pohon yang diklaim pertama kali berasal dari Thailand. Meski dalam perjalanannya, sudah tersebar di berbagai wilayah. Di Indonesia sudah dibudidayakan di banyak daerah.

Hal utama yang akan dilakukan, selain mengidentifikasi, kedatangannya ke Sebatik, kata Ismail adalah untuk mengetahui asal usul kelapa tersebut. Hal ini untuk memperjelas keaslian Kelapa Pandan Wangi yang akan dijadikan komoditi pertanian unggulan di Kaltara itu. "Kalau memang asli di Kaltara akan lebih bagus lagi. Jadi, keasliannya bisa dipertanggungjawabkan," kata ahli sekaligus peneliti kelapa itu. Diungkapkan, Kelapa Pandan Wangi termasuk jenis Kelapa Genjah. Di mana usia berbuahnya hanya 3 sampai 3,5 tahun. Lebih pendek usianya dibanding kelapa biasa yang mencapai 6 hingga 7 tahun. "Tergantung kualitas tanahnya. Kalau lebih gembur, bisa tiga tahun sudah berbuah," jelasnya.

ciri-ciri kelapa pandan wangi
kelapa pandan wangi asli
kelapa pandan wangi jogja

posted by kelapa wulung jogja

No comments: