Friday, July 5, 2019

tips sukses lowongan kerja di jogja

Kerja Sampingan, Kerja Partime, Kerja Online Di Yogyakarta

kerja di jogja loker
tips lolos wawancara kerja di jogja

Fakta kesempatan kerja sangatlah luas di era digital. Jogja sebagai kota pelajar yang kian hari semakin ramai oleh pendatang usia muda. Banyak anak-anak dari luar daerah yang ingin hijrah ke Jogja untuk kuliah sambil bekerja. Perlu diketahui, Jogja memiliki karakter yang berbeda dengan kota-kota lain, termasuk kebiasaan orang-orang dan perusahaan-perusahaan yang berada di Jogja.

A. Tips lolos wawancara Kerja

Penting untuk diperhatikan, beberapa uraian yang perlu diketahui seorang sebelum wawancara kerja. Perhatikan poin-poin di bawah ini:

1.      Jika ingin meyakinkan perusahaan akan kemampuan diri Anda, tentunya Anda sendiri juga harus yakin dengan kemampuan Anda untuk bisa berkontribusi dengan baik di perusahaan nantinya. Jangan sampai terlihat ragu ataupun meragukan.

2.      Jadilah pribadi yang positif agar energi dalam diri juga terpacar positif, sehingga orang yang berhubungan dengan Anda merasakan hal positif dan berpikiran positif pula terhadap diri Anda.

3.      Jangan pernah berbohong saat interview ataupun banyak bicara tanpa ada suatu pembuktian yang nyata/secara konkrit. Pewawancara sangat mudah mendeteksi gerak gerik Anda dan mudah membaca suatu hal dari apa yang Anda bicarakan. Ingat, mulutmu harImaumu. Bijaklah dalam berbicara.

4.      Tentunya perusahaan sangat senang dengan orang-orang yang cerdas, berwawasan luas, serta mampu memberikan ide ide cemerlang dalam perkembangan perusahaan. Anda juga harus menegtahui tentang perusahaan yang Anda lamar, dan apa kontribusi yang bisa Anda ajukan kepada perusahaan.

5.      Semangat bisa menggambar obsesi dalam suatu hal, akan tetapi perlu diperhatikan bahwa semangat kerja yang baik adalah semangat dalam berusaha, semangat dalam berekmbang dan melakukan hal sebaik mungkin. Jangan sampai semangat kerja menjadikan obsesi berlebihan tanpa memperhatikan hal lain hingga memberikan kesan negatif.

6.      Mempertahankan argumen dengan memaksa tanpa mempertingkan pendapat lain, dapat menggambar bahwa Anda adalah orang yang keras kepala., dan hal tersebut akan kurang baik dalam hubungan dengan rekan kerja Anda nantinya.

7.      Penampilan kurang lebih bisa menggambar akan diri Anda. Penampilan yang buruk juga bisa mengurangi keyakinan perusahaan akan diri Anda. Penampilan yang baik akan memberikan kesan yang baik pula.

8.      Saat Anda sedang mempresentaskan diri Anda, presentasikan lah dengan baik. Tunjukkan kualitas diri dengan kemampuan yang Anda miliki serta keunggulan Anda dibanding orang lain. Jangan dulu fokus dengan pendapatkan besar jika Anda sendiri belum memberikan bukti akan kualitas diri Anda.

B. Ciri-Ciri Jawaban Berkualitas

Perhatikan lima perkara ini, agar jawaban Anda diperhitungkan dalam proses wawancara.

1.      Ingatlah bahwa Anda bukan lah satu satunya pencari kerja. Ada banyak orang yang siap bersaing untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Maka dari itu, Anda harus siapkan keahlian khusus untuk bisa lebih unggul dari pelamar lain. Tentunya keahlian tersebut berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar ya.

2.      Berikan keyakinan pada perusahaan bahwa Anda tertarik dengan pekerjaan tersebut karena Anda yakin akan mampu berkembang dan dapat berkontribusi dengan sangat baik karena pekerjaan tersebut sangat sesuai dengan diri Anda dan keahlian yang Anda miliki.

3.      Perlu disadari bahwa posisi Anda masih kandidat calon karyawan. Akan jauh lebih baik jika Anda bisa menunjukkan kualitas diri Anda dahulu, setelah itu perusahaan akan tahu bahwa Anda pantas mendapatkan gaji yang sesuai dengan kinerja Anda.

4.      Pada kenyataannya pula, masih banyak lulusan perguruan tinggi yang belum bisa menunjukkan kualitas dirinya, bahkan belum memiliki keahlian yang cukup.

5.      Jika Anda masih mau belajar dan mencoba hal baru, tentu bukan saat bekerja. Perusahaan selalu mencari orang orang profesional dan berkualitas. Maka dari itu sebelum Anda menghadapi dunia kerja, carilah pengalaman dan pengetahuan sebanyak mungkin. Seperti mengikuti pelatihan, magang, atau mencoba pekerjaan freelence.

6.      Semua perusahaan pastinya enggan memiliki karyawan yang bermasalah. Berikan alasan yang sudah didasari dengan berbagai pertimbangan, pastikan juga Anda tidak menjelek-jelekkan pihak lain dalam alasan Anda.


C. Bahasa Tubuh saat Wawancara Kerja

Dalam interview kerja, bahasa tubuh Anda adalah informasi yang sangat penting bagi pewawancara.
Jika Anda memperlihatkan bahasa tubuh yang kurang tepat, maka pihak perusahaan pun akan melihat Anda adalah seorang yang kurang tepat bagi Perusahaanya.

Berjalan dengan bahu tegap dan pandagan lurus ke depan
Jangan sampai telapak tangan anda brekeringat. Berihkan dahulu sebelum berjabat tagan dengan pewawancara.
 Duduklah di kursi dengan tegap, jangan lemas
Tatap langsung dengan pewawancara saat berbicara
Jangan terlihat gugup, seperti bermain jari, kaki gerak-gerak atau bermain dengan rambut.
  Jangan menyilangkan tangan atau kaki.
 Berikan sikap senyum yang ramah
Jika gugup, gunakan gerakan tangan untuk mendukung bahasa suara


D. Poin Yang Dinilai saat Wawancara Kerja

Jangan pernah main main atau terlalu santai saat Interview Kerja. Lakukan 5 hal ini jika Anda ingin lolos.

1.      Ada artian pribahasa “Jangan menilai seseorang dari penampilannya saja”. Dalam dunia kerja, ini adalah hal yang tentu saja bisaSALAH BESAR. Kesan pertama sangatlah penting.

2.      Dalam hal ini penilaian ada pada cara bicara, cara penyampaian sebuah informasi, hingga kemampuan memahami apa yang dimaksud oleh lawan bicara. Cara berbicara juga bisa menentukan profesionalitas, kepercayaan diri, dan kontrol emosi Anda.

3.      Biasanya, bahasa tubuh jadi hal yang sulit untuk dikontrol karena dilakukan tanpa sadar. Misalnya, nih, Anda mengetukkan jari di meja ketika panik, menggoyangkan kaki terkesan gelisah, atau mengusap ujung hidung terus menerus yang artinya Anda kurang percaya diri. Pihak perusahaan bisa menilai hal tersebut dengan mudah dari Anda.

4.      Cara berpikir terlihat dari berbagai jawaban dan respon yang Anda berikan, hal tersebut memperlihatkan bagaimana kualitas dari diri Anda.

5.      Karakter diri adalah bagaimana kepribadian Anda, gaya bersosialisasi, cara kerja, motivasi dalam diri yang dimiliki, hingga bagaimana sikap Anda dalam banyak hal.


E. Tips Menjawab Apa Kekurangan Anda?

Ini tipsnya:
1. Berhubungan Jauh dengan Posisi yang Dilamar
Strategi ini akan menginformasikan bahwa kelemahan Anda bukan jadi masalah bagi pekerjaan nanti.

2. Kelemahan Saya Merupakan Kekuatan Saya
Misalnya keahlian yang dibutuhkan adalah cermat dan teliti. Sedangkan Anda adalah tipe orang yang kurang bisa bekerja dengan terburu-buru. Rangkailah jawaban dengan bijak, seperti "karena Saya harus memastikan ulang bahwa semua pekerjaan saya sudah benar"

3. Sata Sedang Memperbaiki Kelemahan Saya
Salah satu cara terbaik dan teraman dalam menjawab pertanyan mematikan mengenai kelemahan adalah dengan mengakui apa kelemahan Anda dan apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kelemahan tersebut.

F. Pertanyaan yang Punya Nilai Lebih

Kalo Anda ditanya saat interview, eh Cuma di jawab 2-3 kata. Bisa terlihat kurang berkulitas loh. Sebelum sesi ahir, jika pewawancara memberi kesempatan Anda untuk bertanya, Maka tanyakanlah hal bernilai di bawah ini:

1. Bagaimana orang yang dicari oleh Perusahaan & sesuai untuk posisi ini ?
Cara cepat untuk mengetahui apakah keahlian Anda selaras dengan apa yang sedang dicari perusahaan. Jangan sampai membuang-buang waktu untuk mengejar posisi yang kurang tepat dengan diri Anda.
2. Seperti apa perkembangan karir di Perusahaan ini & di posisi ini ?
Pertanyaan ini dapat membantu untuk mengetahui apakah karir Anda dapat berkembang atau hanya seperti jalan buntu.
3. Seperti apa gambaran budaya dalam Perusahan ini ?
Hal ini akan memberikan pandangan luas bagi Anda tentang lingkungan dalam Perusahaan dan seberapa besar Perusahaan memperhatikan kesejahteraan karyawannya.
4. Apa tantangan dalam posisi ini ?
Jika jawabannya “Tidak ada tantangan” maka Anda harus hati-hati. Bisa jadi pekerjaan akan menjadi sangat membosankan atau bahkan ada tantangan yang sangat besar menanti.

G. Kegiatan Positif Saat Menunggu Panggilan Kerja

1.      Memperdalam skill dan menambah wawasan akan mempermudah Anda menuju kesuksesan. Bahkan keterampilan Anda nantinya bisa semakin berkompeten.

2.      Lebih baik memanfaat waktu untuk pekerjaan sampingan atau pun magang, Anda bisa tetap produktif dan berpenghasilan. Selain itu pengalaman bekerja yang Anda dapatkan bisa untuk pembelajaran nantinya menghadapi dunia kerja yang lebih besar lagi.

3.      Semakin banyak berlatih, akan memberikan semakin banyak wawasan, apa saja yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi. Banyak berlatih juga akan membuat Anda terbiasa untuk menjawab berbagai pertanyaan dan berkomunikasi secara lancar.

4.      Dalam dunia kerja, komunikasi sangatlah penting. Untuk itu kita harus mengasah softkill bahasa. Jika kita mahir dalam beberapa bahasa asing. Maka hal tersebut akan menjadi nilai plus dalam diri kita.

5.      Memiliki jaringan pertemanan dimana-mana akan memperbesar peluang Anda saat mencari kerja. Apalagi jika salah seorang teman sudah bekerja di perusahaan incaran Anda. Anda bisa mulai menggali lebih banyak informasi dan belajar dengan rekan Anda tersebut terkait pekerjaan. Asalkan memilih teman yang benar benar menularkan hal-hal positif.


H. Masalah yang Menghambat Karir Kerja

Hal yang Mungkin Akan Menghambat Perkembangan Karir Anda
1.      Jadilah orang yang tepat waktu & konsisten. Datang terlambat untuk sekali waktu mungkin bukan masalah besar. Namun ketika kita mampu menghargai waktu dan memulai pekerjaan lebih awal untuk mencapai hasil yang lebih baik, maka orang lain seperti relasi kerja kita & bahkan Atasan kita juga akan lebih menghargai sikap kita.

2.      Walaupun Anda sedang sibuk dengan banyaknya pekerjaan, namun ketika ada yang perlu untuk diprioritaskan, sebaiknya segera untuk diselesaikan. Setelah itu Anda bisa melakukan hal yang lain & kembali fokus.

3.      Mungkin banyak bertanya akan memperlihatkan kesan bahwa Anda dalah seorang yang kritis dan ingin tahu banyak hal. Pertanyaan kritis adalah pertanyaan yang sudah terkonsep dan terpikirkan akan seperti apa jawaban yang kita cari.

4.      Jauh lebih mudah untuk mengidentifikasi sebuah masalah, namun ketika Anda terlalu banyak membawa masalah tanpa memikirkan solusinya. Maka Anda akan berlabel sebagai pengeluh & kurang bisa diandalkan

5.      Baik atau buruk, penampilan dan sikap Anda yang masih berantakan menunjukkan kesan bahwa Anda memiliki pribadi yang masih kacau, belum teratur, belum terkonsep atau terorganisir

I. Ciri-Ciri Penipuan Lowongan Pekerjaan

Anda harus jeli, membedakan panggilan kerja yang benar dan yang pura-pura.
1. Tidak Menyebutkan Posisi Lowongan Kerja
Patut dicurigai apabila perusahaan belum jelas menerima kandidat calon karaywan untuk ditempatkan dibagian apa.

2. Ada Pungutan Biaya
Sangat kurang wajar jika kandidat harus menyerahkan sejumlah uang terlebih dahulu untuk bisa diterima kerja. Apalagi jika nominal yang diminta cukup besar. Berbeda lagi jika Anda berada di kota yang berbeda dengan Perusahaan yang Anda lamar. Tentunya biaya transportasi dll, sudah menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Tapi bukan untuk ditransfer ke pihak Perusahaan ya.

3. Kontak Perusahaan Sulit dihubungi & Alamat Perusahaan Sulit ditemukan
Mungkin masih ada beberapa perusahaan berkembang yang juga sulit menemukan alamatnya, atau perusahaan tersebut baru saja pindah ke tempat lain. Nah untuk mengecek hal ini, Anda bisa langsung menghubungi kontak person yang tertera pada info lowongan panggilan kerja tersebut. Patikan Anda dapatkan informasi yang jelas dan langsung mengeceknya terlebih dahulu. Apakah yang disampaikan pada Anda itu benar.

4. Menawarkan Gaji yang Sangat Fantastis Tanpa Menyebutkan Detail Pekerjaan
Siapa yang tidak tertarik dengan gaji besar ? Tapi kita juga harus cermat dalam menerima informasi. Logikanya begini, jika belum apa apa sudah ditawarkan gaji besar, padahal belum ada referesnsi atau kita belum berpengalaman dan belum menunjukkan bagaimana kualitas diri kita. Perusahaan mana yang berani ambil resiko mau memberikan gaji besar kepada orang yang belum tentu cocok dengan pekerjaan atau perusahaan tersebut ?

5. Mendapat Janji Langsung Diterima
Jika Anda sama sekali belum mengenal perusahaan tersebut atau sama sekali belum mengenal orang-orang yang berhubungan dengan perusahaan tersebut. Coba pikirkan kembali, atas dasar apa perusahaan pasti menerima Anda ?

J. Cara Melatih Kemampuan Akal Anda

Sering merasa susah memahami suatu informasi? Atau merasa lamban dalam berfikir?
Bisa jadi ini terjadi karena kamu kurang melatih otakmu.
Yuk mulai lakukan latihan Otak secara sederhana.

1.      Jangan hanya melakukan pekerjaan rutin. Cobalah berpikir lakukan eksperimen baru dan pelajari hal-hal baru

2.      Melakukan hal-hal sederhana dengan menutup mata bukan berarti harus membahayakan keselamatan diri. Anda bisa mencoba menutup mata saat mandi, berkonsentrasi mengambil sabun dengan mata tertutup atau mencoba menulis dengan rapi saat mata tertutup. Hal ini akan melatih konsentrasi dan kepekaan Anda

3.      Sudah banyak riset yang menunjukkan bahwa musik bisa mempengaruhi banyak area di otak seperti menurunkuan tingkat stres, memperkuat daya ingat, hingga mengasah kreativitas. Sedangkan bermain game penuh strategi akan membuat otak aktif dan tajam

4.      Ada dua jenis orang sesuai dengan gaya tangan mereka: yang satu tangan kiri dan yang kedua tangan kanan. Jika kamu adalah seorang pengguna tangan kiri dan kamu melakukan segala sesuatu dengan tangan kiri kemudian beralih tangan kiri ke tangan kanan untuk satu hari dapat memicu otakmu untuk lebih aktif

5.      Latih Otak untuk memperbanyak kosakata misalnya dalam dengan bahasa Asing. Jika terbiasa dengan komunikasi bahasa asing, hal tersebut akan sangat membantu untuk lebih cepat dan mudah berbahasa asing dan memperkaya kemampuan Anda dalam banyak bahasa

K. 5 tips meningkatkan kualitas diri

Yang membedakan orang sukses, calon orang sukses, dan orang sulit sukses adalah kualitas dirinya.
Bagaimana caranya untuk meningkatkan kuliatas diri agar sukses dan semakin sukses ?

1. Berada dilingkungan yang positif
Carilah orang yang memiliki tujuan atau orang-orang postif di dalamnya. Ini akan membantu Anda untuk terus termotivasi. Memberikan aura positif kepada diri sendiri. Jika perlu, luangkan waktu Anda untuk melakukan kegiatan bersama mereka.Hal Ini akan membantu Anda menjalin hubungan baikdan medapat banyak relasi dengan orang sukses.

2. Belajar dari pengalaman orang sukses
Cara terbaik & termudah adalah belajar dari pengalaman orang lain. Hanya perlu meniru sikap apa membuatnya sukses & menghindari kesalah-kesalahan yang telah diperbuatnya saat meraih kesuksesan.

3. Tetapkan tujuan & fokus
Fokus adalah salah satu kunci sukses yang terpenting. Jangan sampai Anda hilang arah dan bingung harus berbuat apa. Orang sukses selalu memiliki tujuan yang jelas dan fokus dalam mencapainya.

4. Haus akan pengetahuan & pengalaman
Teruslah belajar untuk bisa mengembangkan kualitas diri Anda. Cara termudah adalah dengan membaca buku pengetahuan dan ikut banyak pelatihan/seminar untuk mengembangkan skill.

5. Singkirkan kebiasaan buruk
Malas bangun pagi ? sering terlambat ? suka berbicara buruk tentang orang lain ? beberapa contoh kebiasaan buruk ini akan sangat menghambat diri kita untuk bisa berkembang. Mulailah melihat hal hal positif dan melakukan sesuatu yang positif, bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

L. Hal yang perlu Anda Siapkan sebelum ikut Jobfair

Mau ikut jobfair tapi bingung mau nyiapin apa?
Seringkali, ada hal-hal kecil sepele tapi penting, luput dari perhatian jobseekersaat ke jobfair. Simak yuk, apa saja yang perlu disiapkan dan diingat!

1.      Dua hal yang terkesan sepele ini banyak manfaatnya lho. Ketika harus menyatukan beberapa dokumen sesuai permintaan perusahaan, klip kertas akan sangat dibutuhkan. Jika menggunakan stapler, bisa merusak dokumen ketika harus mengelompokan per jenisnya, apalagi jika di situ juga mesti melampirkan pas foto. Sedangkan untuk lem, beberapa perusahaan ada yang meminta untuk menempelkan pas foto di CV.

2.      Bisa saja saat itu juga Anda diminta untuk langsung mengikuti Tes Kerja/Interview. Bawalah pena, pensil 2B dan HB, peraut pensil, dan penghapus. Usahakan tidak hanya satu, bawa cadangan untuk berjaga-jaga jika rusak atau hilang.

3.      Hal ini menghindarkan berkas-berkas Anda dari kotor atau basah. Selain itu, susunlah dengan rapi tiap berkas. Kelompokkan per bundel, agar lebih mudah saat akan menyerahkan ke berbeda-beda Perusahaan.

4.      Seringkali bagi yang mengendai motor, lupa dan tetap mengenakan jaket ketika masuk ke area jobfair. Jangan sampai terjadi, memakai jaket akan membuatmu terkesan tidak rapi dan formal.

5.      Suasana jobfair yang ramai dan padat bisa membuatmu lebih banyak berkeringat. Bawalah tisu atau sapu tangan untuk membersihkan keringat agar penampilan tetap terjaga.

6.      Watch your attitude. Bukan cuma penampilan, attitude-mu juga jadi perhatian perekrut, lho. Jangan memberi tanggapan atau bertingkah berlebihan dalam merespon penjelasan mereka.

7.      Biasanya disediakan informasi seputar lowongan, berikut kualifikasi, berkas yang dibutuhkan, dan lain sebagainya. Baca dengan teliti, dan tanyakan pada officer perusahaan jika masih ada yang kurang jelas.
8.      Kamu juga harus melihat dulu lowongan apa yang dibuka sebelum datang ke jobfair. Akses melalui website perusahaan, atau website penyelenggara jobfair.

9.      Antisipasi dengan membaca semua papan petunjuk dengan cermat. Seperti di mana letak toilet, pintu keluar, ruang presentasi, ruang seleksi, dan lain sebagainya.

10.  Jangan lupa bawa bekal air mineral secukupnya untuk mengobati rasa lelahmu.

M. Cara Membuat Bos Makin Simpati

1. Buat rekap laporan kepada Atasan Anda yang berisikan tentang apa saja yg sudah Anda capai dalam 1 minggu. Sehingga mereka akan tahu persis apa saja yg sudah Anda kerjakan & berapa banyak yg sudah Anda capai.

2. Jika ada kendala atau tantangan jangan buat Atasan kita menunggu dalam diam. Berikan jawaban yg inovatif & solutif sehingga dapat meningkatkan dan memberikan kritik konstruktif.

3. Cara terbaik untuk maju dalam karir adalah dgn memastikan Atasan/manajemen tahu jabatan yg Anda inginkan/lebih banyak peluang yang Anda inginkan. Belum tentu Anda akan dapat promosi jika Atasan Anda belum tahu apa yang Anda inginkan dan kembangkan.

4. Anda dapat membuat kesan yg baik pada atasan & rekan kerja, jika Anda menawarkan membantu tugas-tugas penting/bahkan jika tugas-tugas itu diluar ruang lingkup Anda.

5. Buatlah kesempatan untuk mulai membangun hubungan pribadi dan terhubung pada Atasan Anda selain hal pekerjaan.

6. Karyawan yang masuk kantor lebih awal umumnya dianggap oleh manajer mereka lebih disiplin dan menerima peringkat kinerja yg lebih tinggi daripada karyawan yg datang kemudian.

7. Terima kasih kepada Atasan menunjukkan bahwa Anda sangat menghargai pendapat atau pemberian Atasan Anda.

N. Masalah Resign Kerja
1. Jika Kita memiliki konflik di tempat kerja yang belum dapat diperbaiki, pikirkan secara strategis tentang cara terbaik untuk bergerak maju. Ambillah waktu sejenak untuk berpikir secara positif.

2. Banyak orang berpikir bahwa setelah berhenti bekerja kita akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan, padahal bisa jadi lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan saat kita masih bekerja.

3. Ada pro dan kontra untuk berhenti sebelum terjadinya PHK. Akan lebih mudah untuk kita menjelaskan saat wawancara kerja. Namun pesangon yang bisa kita dapatkan, akan menjadi hangus.
4. Tentu promosi ini akan memberi kita peluang tambahan ketika kita sudah siap untuk mencari pekerjaan. Bisa jadi, kita akan menyukai pekerjaan baru itu dan tetap tinggal di perusahaan saat ini.

5. Apakah kita memiliki dana darurat dengan cukup uang untuk menutupi pengeluaran kita selama satu atau dua bulan? Atau mungkin lebih lama? Ingatlah, meskipun kita langsung diterima, tapi bisa jadi kita harus menunggu beberapa hari sebelum kita masuk bekerja.

6. Apakah kita memiliki tujuan yang jelas tentang langkah selanjutnya di jalur karier kita? Jika belum yakin, kita mungkin bisa melakukan riset karier sebelum mulai mencari pekerjaan baru. Misalnya : mengikuti kursus/mengeksplorasi ide tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

7. Penting untuk bersiap untuk mencari pekerjaan disela waktu sebelum kita mengundurkan diri. Salah satu saat terburuk untuk keluar dari pekerjaan kita adalah ketika kita belum memiliki pekerjaan lain.

Kesimpulan

Berpikirlah cerdas dan rencanakan pengunduran diri kita dengan hati-hati, sehingga kita berhenti pada saat terbaik dan bukan yang terburuk. Pertimbangkan juga apakah ada cara kita bisa membalikkan keadaan dan belajar mencintai pekerjaan kita saat ini.

Luangkanlah waktu untuk memberi tahu atasan kita bahwa kita akan mengundurkan diri dengan hati-hati dan profesional. Kita akan dapat memfokuskan seluruh energi kita untuk memulai pekerjaan baru dengan cara yang benar dan menikmati posisi baru kita.
           
Demikain bahasan terkait tips sukses wawancara kerja sampingan, kerja online, ataupun kerja partime di jogja. Semoga bermanfaat.

Kumpulan tips ini dimuat pada laman http://kelapawulungjogja.blogspot.com


1 comment:

makanan dan minuman said...

ayo daftarkan diri anda di AJOQQ :D
menangkan jackpot dengan sebanyak-banyaknya :D