Kerja
Sampingan, Kerja Partime, Kerja Online Di
Yogyakarta
Kerja Sampingan, Kerja Partime, Kerja Online Di Yogyakarta
tips lolos wawancara kerja di jogja |
Fakta
kesempatan kerja sangatlah luas di era digital. Jogja sebagai kota pelajar yang
kian hari semakin ramai oleh pendatang usia muda. Banyak anak-anak dari luar
daerah yang ingin hijrah ke Jogja untuk kuliah sambil bekerja. Perlu diketahui,
Jogja memiliki karakter yang berbeda dengan kota-kota lain, termasuk kebiasaan
orang-orang dan perusahaan-perusahaan yang berada di Jogja.
A. Tips lolos wawancara Kerja
Penting untuk diperhatikan, beberapa
uraian yang perlu diketahui seorang sebelum wawancara kerja. Perhatikan
poin-poin di bawah ini:
1. Jika
ingin meyakinkan perusahaan akan kemampuan diri Anda, tentunya Anda sendiri
juga harus yakin dengan kemampuan Anda untuk bisa berkontribusi dengan baik di
perusahaan nantinya. Jangan sampai terlihat ragu ataupun meragukan.
2. Jadilah
pribadi yang positif agar energi dalam diri juga terpacar positif, sehingga
orang yang berhubungan dengan Anda merasakan hal positif dan berpikiran positif
pula terhadap diri Anda.
3. Jangan
pernah berbohong saat interview ataupun banyak bicara tanpa ada suatu pembuktian
yang nyata/secara konkrit. Pewawancara sangat mudah mendeteksi gerak gerik Anda
dan mudah membaca suatu hal dari apa yang Anda bicarakan. Ingat, mulutmu
harImaumu. Bijaklah dalam berbicara.
4. Tentunya
perusahaan sangat senang dengan orang-orang yang cerdas, berwawasan luas, serta
mampu memberikan ide ide cemerlang dalam perkembangan perusahaan. Anda juga
harus menegtahui tentang perusahaan yang Anda lamar, dan apa kontribusi yang
bisa Anda ajukan kepada perusahaan.
5. Semangat
bisa menggambar obsesi dalam suatu hal, akan tetapi perlu diperhatikan bahwa
semangat kerja yang baik adalah semangat dalam berusaha, semangat dalam
berekmbang dan melakukan hal sebaik mungkin. Jangan sampai semangat kerja
menjadikan obsesi berlebihan tanpa memperhatikan hal lain hingga memberikan
kesan negatif.
6. Mempertahankan
argumen dengan memaksa tanpa mempertingkan pendapat lain, dapat menggambar
bahwa Anda adalah orang yang keras kepala., dan hal tersebut akan kurang baik
dalam hubungan dengan rekan kerja Anda nantinya.
7. Penampilan
kurang lebih bisa menggambar akan diri Anda. Penampilan yang buruk juga bisa
mengurangi keyakinan perusahaan akan diri Anda. Penampilan yang baik akan
memberikan kesan yang baik pula.
8. Saat
Anda sedang mempresentaskan diri Anda, presentasikan lah dengan baik. Tunjukkan
kualitas diri dengan kemampuan yang Anda miliki serta keunggulan Anda dibanding
orang lain. Jangan dulu fokus dengan pendapatkan besar jika Anda sendiri belum
memberikan bukti akan kualitas diri Anda.
B. Ciri-Ciri Jawaban Berkualitas
Perhatikan
lima perkara ini, agar jawaban Anda diperhitungkan dalam proses wawancara.
1. Ingatlah
bahwa Anda bukan lah satu satunya pencari kerja. Ada banyak orang yang siap
bersaing untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Maka dari itu, Anda harus
siapkan keahlian khusus untuk bisa lebih unggul dari pelamar lain. Tentunya
keahlian tersebut berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar ya.
2. Berikan
keyakinan pada perusahaan bahwa Anda tertarik dengan pekerjaan tersebut karena
Anda yakin akan mampu berkembang dan dapat berkontribusi dengan sangat baik
karena pekerjaan tersebut sangat sesuai dengan diri Anda dan keahlian yang Anda
miliki.
3. Perlu
disadari bahwa posisi Anda masih kandidat calon karyawan. Akan jauh lebih baik
jika Anda bisa menunjukkan kualitas diri Anda dahulu, setelah itu perusahaan
akan tahu bahwa Anda pantas mendapatkan gaji yang sesuai dengan kinerja Anda.
4. Pada
kenyataannya pula, masih banyak lulusan perguruan tinggi yang belum bisa
menunjukkan kualitas dirinya, bahkan belum memiliki keahlian yang cukup.
5. Jika
Anda masih mau belajar dan mencoba hal baru, tentu bukan saat bekerja.
Perusahaan selalu mencari orang orang profesional dan berkualitas. Maka dari
itu sebelum Anda menghadapi dunia kerja, carilah pengalaman dan pengetahuan
sebanyak mungkin. Seperti mengikuti pelatihan, magang, atau mencoba pekerjaan
freelence.
6. Semua
perusahaan pastinya enggan memiliki karyawan yang bermasalah. Berikan alasan
yang sudah didasari dengan berbagai pertimbangan, pastikan juga Anda tidak
menjelek-jelekkan pihak lain dalam alasan Anda.
C. Bahasa Tubuh saat
Wawancara Kerja
Dalam
interview kerja, bahasa tubuh Anda adalah informasi yang sangat penting bagi
pewawancara.
Jika
Anda memperlihatkan bahasa tubuh yang kurang tepat, maka pihak perusahaan pun
akan melihat Anda adalah seorang yang kurang tepat bagi Perusahaanya.
Berjalan dengan bahu tegap dan pandagan lurus ke depan
Jangan sampai telapak tangan anda brekeringat. Berihkan dahulu sebelum berjabat tagan dengan pewawancara.
Duduklah di kursi dengan tegap, jangan lemas
Tatap langsung dengan pewawancara saat berbicara
Jangan terlihat gugup, seperti bermain jari, kaki gerak-gerak atau bermain dengan rambut.
Jangan menyilangkan tangan atau kaki.
Berikan sikap senyum yang ramah
Jika gugup, gunakan gerakan tangan untuk mendukung bahasa suara
Jangan sampai telapak tangan anda brekeringat. Berihkan dahulu sebelum berjabat tagan dengan pewawancara.
Duduklah di kursi dengan tegap, jangan lemas
Tatap langsung dengan pewawancara saat berbicara
Jangan terlihat gugup, seperti bermain jari, kaki gerak-gerak atau bermain dengan rambut.
Jangan menyilangkan tangan atau kaki.
Berikan sikap senyum yang ramah
Jika gugup, gunakan gerakan tangan untuk mendukung bahasa suara
D. Poin Yang Dinilai saat
Wawancara Kerja
Jangan
pernah main main atau terlalu santai saat Interview Kerja. Lakukan 5 hal ini
jika Anda ingin lolos.
1. Ada
artian pribahasa “Jangan menilai seseorang dari penampilannya saja”. Dalam
dunia kerja, ini adalah hal yang tentu saja bisaSALAH BESAR. Kesan pertama
sangatlah penting.
2. Dalam
hal ini penilaian ada pada cara bicara, cara penyampaian sebuah informasi,
hingga kemampuan memahami apa yang dimaksud oleh lawan bicara. Cara berbicara
juga bisa menentukan profesionalitas, kepercayaan diri, dan kontrol emosi Anda.
3. Biasanya,
bahasa tubuh jadi hal yang sulit untuk dikontrol karena dilakukan tanpa sadar.
Misalnya, nih, Anda mengetukkan jari di meja ketika panik, menggoyangkan kaki
terkesan gelisah, atau mengusap ujung hidung terus menerus yang artinya Anda
kurang percaya diri. Pihak perusahaan bisa menilai hal tersebut dengan mudah
dari Anda.
4. Cara
berpikir terlihat dari berbagai jawaban dan respon yang Anda berikan, hal
tersebut memperlihatkan bagaimana kualitas dari diri Anda.
5. Karakter
diri adalah bagaimana kepribadian Anda, gaya bersosialisasi, cara kerja,
motivasi dalam diri yang dimiliki, hingga bagaimana sikap Anda dalam banyak
hal.
E. Tips Menjawab Apa
Kekurangan Anda?
Ini tipsnya:
1.
Berhubungan Jauh dengan Posisi yang Dilamar
Strategi
ini akan menginformasikan bahwa kelemahan Anda bukan jadi masalah bagi
pekerjaan nanti.
2.
Kelemahan Saya Merupakan Kekuatan Saya
Misalnya
keahlian yang dibutuhkan adalah cermat dan teliti. Sedangkan Anda adalah tipe
orang yang kurang bisa bekerja dengan terburu-buru. Rangkailah jawaban dengan
bijak, seperti "karena Saya harus memastikan ulang bahwa semua pekerjaan
saya sudah benar"
3.
Sata Sedang Memperbaiki Kelemahan Saya
Salah
satu cara terbaik dan teraman dalam menjawab pertanyan mematikan mengenai
kelemahan adalah dengan mengakui apa kelemahan Anda dan apa yang Anda lakukan
untuk mengatasi kelemahan tersebut.
F. Pertanyaan yang Punya
Nilai Lebih
Kalo
Anda ditanya saat interview, eh Cuma di jawab 2-3 kata. Bisa terlihat kurang
berkulitas loh. Sebelum sesi ahir, jika pewawancara memberi kesempatan Anda
untuk bertanya, Maka tanyakanlah hal bernilai di bawah ini:
1.
Bagaimana orang yang dicari oleh Perusahaan & sesuai untuk posisi ini ?
Cara
cepat untuk mengetahui apakah keahlian Anda selaras dengan apa yang sedang
dicari perusahaan. Jangan sampai membuang-buang waktu untuk mengejar posisi
yang kurang tepat dengan diri Anda.
2.
Seperti apa perkembangan karir di Perusahaan ini & di posisi ini ?
Pertanyaan
ini dapat membantu untuk mengetahui apakah karir Anda dapat berkembang atau
hanya seperti jalan buntu.
3.
Seperti apa gambaran budaya dalam Perusahan ini ?
Hal
ini akan memberikan pandangan luas bagi Anda tentang lingkungan dalam
Perusahaan dan seberapa besar Perusahaan memperhatikan kesejahteraan
karyawannya.
4.
Apa tantangan dalam posisi ini ?
Jika
jawabannya “Tidak ada tantangan” maka Anda harus hati-hati. Bisa jadi pekerjaan
akan menjadi sangat membosankan atau bahkan ada tantangan yang sangat besar
menanti.
G. Kegiatan Positif Saat
Menunggu Panggilan Kerja
1. Memperdalam
skill dan menambah wawasan akan mempermudah Anda menuju kesuksesan. Bahkan
keterampilan Anda nantinya bisa semakin berkompeten.
2. Lebih
baik memanfaat waktu untuk pekerjaan sampingan atau pun magang, Anda bisa tetap
produktif dan berpenghasilan. Selain itu pengalaman bekerja yang Anda dapatkan
bisa untuk pembelajaran nantinya menghadapi dunia kerja yang lebih besar lagi.
3. Semakin
banyak berlatih, akan memberikan semakin banyak wawasan, apa saja yang perlu
diperbaiki dan ditingkatkan lagi. Banyak berlatih juga akan membuat Anda
terbiasa untuk menjawab berbagai pertanyaan dan berkomunikasi secara lancar.
4. Dalam
dunia kerja, komunikasi sangatlah penting. Untuk itu kita harus mengasah
softkill bahasa. Jika kita mahir dalam beberapa bahasa asing. Maka hal tersebut
akan menjadi nilai plus dalam diri kita.
5. Memiliki
jaringan pertemanan dimana-mana akan memperbesar peluang Anda saat mencari
kerja. Apalagi jika salah seorang teman sudah bekerja di perusahaan incaran
Anda. Anda bisa mulai menggali lebih banyak informasi dan belajar dengan rekan
Anda tersebut terkait pekerjaan. Asalkan memilih teman yang benar benar
menularkan hal-hal positif.
H. Masalah yang Menghambat
Karir Kerja
Hal
yang Mungkin Akan Menghambat Perkembangan Karir Anda
1. Jadilah
orang yang tepat waktu & konsisten. Datang terlambat untuk sekali waktu
mungkin bukan masalah besar. Namun ketika kita mampu menghargai waktu dan
memulai pekerjaan lebih awal untuk mencapai hasil yang lebih baik, maka orang
lain seperti relasi kerja kita & bahkan Atasan kita juga akan lebih
menghargai sikap kita.
2. Walaupun
Anda sedang sibuk dengan banyaknya pekerjaan, namun ketika ada yang perlu untuk
diprioritaskan, sebaiknya segera untuk diselesaikan. Setelah itu Anda bisa
melakukan hal yang lain & kembali fokus.
3. Mungkin
banyak bertanya akan memperlihatkan kesan bahwa Anda dalah seorang yang kritis
dan ingin tahu banyak hal. Pertanyaan kritis adalah pertanyaan yang sudah
terkonsep dan terpikirkan akan seperti apa jawaban yang kita cari.
4. Jauh
lebih mudah untuk mengidentifikasi sebuah masalah, namun ketika Anda terlalu
banyak membawa masalah tanpa memikirkan solusinya. Maka Anda akan berlabel
sebagai pengeluh & kurang bisa diandalkan
5. Baik
atau buruk, penampilan dan sikap Anda yang masih berantakan menunjukkan kesan
bahwa Anda memiliki pribadi yang masih kacau, belum teratur, belum terkonsep
atau terorganisir
I. Ciri-Ciri Penipuan
Lowongan Pekerjaan
Anda
harus jeli, membedakan panggilan kerja yang benar dan yang pura-pura.
1.
Tidak Menyebutkan Posisi Lowongan Kerja
Patut
dicurigai apabila perusahaan belum jelas menerima kandidat calon karaywan untuk
ditempatkan dibagian apa.
2.
Ada Pungutan Biaya
Sangat
kurang wajar jika kandidat harus menyerahkan sejumlah uang terlebih dahulu
untuk bisa diterima kerja. Apalagi jika nominal yang diminta cukup besar.
Berbeda lagi jika Anda berada di kota yang berbeda dengan Perusahaan yang Anda
lamar. Tentunya biaya transportasi dll, sudah menjadi tanggung jawab Anda
sendiri. Tapi bukan untuk ditransfer ke pihak Perusahaan ya.
3.
Kontak Perusahaan Sulit dihubungi & Alamat Perusahaan Sulit ditemukan
Mungkin
masih ada beberapa perusahaan berkembang yang juga sulit menemukan alamatnya,
atau perusahaan tersebut baru saja pindah ke tempat lain. Nah untuk mengecek
hal ini, Anda bisa langsung menghubungi kontak person yang tertera pada info
lowongan panggilan kerja tersebut. Patikan Anda dapatkan informasi yang jelas
dan langsung mengeceknya terlebih dahulu. Apakah yang disampaikan pada Anda itu
benar.
4.
Menawarkan Gaji yang Sangat Fantastis Tanpa Menyebutkan Detail Pekerjaan
Siapa
yang tidak tertarik dengan gaji besar ? Tapi kita juga harus cermat dalam
menerima informasi. Logikanya begini, jika belum apa apa sudah ditawarkan gaji
besar, padahal belum ada referesnsi atau kita belum berpengalaman dan belum
menunjukkan bagaimana kualitas diri kita. Perusahaan mana yang berani ambil
resiko mau memberikan gaji besar kepada orang yang belum tentu cocok dengan
pekerjaan atau perusahaan tersebut ?
5.
Mendapat Janji Langsung Diterima
Jika
Anda sama sekali belum mengenal perusahaan tersebut atau sama sekali belum mengenal
orang-orang yang berhubungan dengan perusahaan tersebut. Coba pikirkan kembali,
atas dasar apa perusahaan pasti menerima Anda ?
J. Cara Melatih Kemampuan
Akal Anda
Sering
merasa susah memahami suatu informasi? Atau merasa lamban dalam berfikir?
Bisa
jadi ini terjadi karena kamu kurang melatih otakmu.
Yuk
mulai lakukan latihan Otak secara sederhana.
1. Jangan
hanya melakukan pekerjaan rutin. Cobalah berpikir lakukan eksperimen baru dan
pelajari hal-hal baru
2. Melakukan
hal-hal sederhana dengan menutup mata bukan berarti harus membahayakan
keselamatan diri. Anda bisa mencoba menutup mata saat mandi, berkonsentrasi
mengambil sabun dengan mata tertutup atau mencoba menulis dengan rapi saat mata
tertutup. Hal ini akan melatih konsentrasi dan kepekaan Anda
3. Sudah
banyak riset yang menunjukkan bahwa musik bisa mempengaruhi banyak area di otak
seperti menurunkuan tingkat stres, memperkuat daya ingat, hingga mengasah
kreativitas. Sedangkan bermain game penuh strategi akan membuat otak aktif dan
tajam
4. Ada
dua jenis orang sesuai dengan gaya tangan mereka: yang satu tangan kiri dan
yang kedua tangan kanan. Jika kamu adalah seorang pengguna tangan kiri dan kamu
melakukan segala sesuatu dengan tangan kiri kemudian beralih tangan kiri ke
tangan kanan untuk satu hari dapat memicu otakmu untuk lebih aktif
5. Latih
Otak untuk memperbanyak kosakata misalnya dalam dengan bahasa Asing. Jika
terbiasa dengan komunikasi bahasa asing, hal tersebut akan sangat membantu
untuk lebih cepat dan mudah berbahasa asing dan memperkaya kemampuan Anda dalam
banyak bahasa
K. 5 tips meningkatkan
kualitas diri
Yang
membedakan orang sukses, calon orang sukses, dan orang sulit sukses adalah
kualitas dirinya.
Bagaimana
caranya untuk meningkatkan kuliatas diri agar sukses dan semakin sukses ?
1.
Berada dilingkungan yang positif
Carilah
orang yang memiliki tujuan atau orang-orang postif di dalamnya. Ini akan
membantu Anda untuk terus termotivasi. Memberikan aura positif kepada diri
sendiri. Jika perlu, luangkan waktu Anda untuk melakukan kegiatan bersama
mereka.Hal Ini akan membantu Anda menjalin hubungan baikdan medapat banyak
relasi dengan orang sukses.
2.
Belajar dari pengalaman orang sukses
Cara
terbaik & termudah adalah belajar dari pengalaman orang lain. Hanya perlu
meniru sikap apa membuatnya sukses & menghindari kesalah-kesalahan yang
telah diperbuatnya saat meraih kesuksesan.
3. Tetapkan tujuan &
fokus
Fokus
adalah salah satu kunci sukses yang terpenting. Jangan sampai Anda hilang arah
dan bingung harus berbuat apa. Orang sukses selalu memiliki tujuan yang jelas
dan fokus dalam mencapainya.
4. Haus akan pengetahuan
& pengalaman
Teruslah
belajar untuk bisa mengembangkan kualitas diri Anda. Cara termudah adalah
dengan membaca buku pengetahuan dan ikut banyak pelatihan/seminar untuk
mengembangkan skill.
5. Singkirkan kebiasaan
buruk
Malas
bangun pagi ? sering terlambat ? suka berbicara buruk tentang orang lain ?
beberapa contoh kebiasaan buruk ini akan sangat menghambat diri kita untuk bisa
berkembang. Mulailah melihat hal hal positif dan melakukan sesuatu yang
positif, bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
L. Hal yang perlu Anda
Siapkan sebelum ikut Jobfair
Mau
ikut jobfair tapi bingung mau nyiapin apa?
Seringkali,
ada hal-hal kecil sepele tapi penting, luput dari perhatian jobseekersaat ke
jobfair. Simak yuk, apa saja yang perlu disiapkan dan diingat!
1. Dua
hal yang terkesan sepele ini banyak manfaatnya lho. Ketika harus menyatukan
beberapa dokumen sesuai permintaan perusahaan, klip kertas akan sangat
dibutuhkan. Jika menggunakan stapler, bisa merusak dokumen ketika harus
mengelompokan per jenisnya, apalagi jika di situ juga mesti melampirkan pas
foto. Sedangkan untuk lem, beberapa perusahaan ada yang meminta untuk
menempelkan pas foto di CV.
2. Bisa
saja saat itu juga Anda diminta untuk langsung mengikuti Tes Kerja/Interview.
Bawalah pena, pensil 2B dan HB, peraut pensil, dan penghapus. Usahakan tidak
hanya satu, bawa cadangan untuk berjaga-jaga jika rusak atau hilang.
3. Hal
ini menghindarkan berkas-berkas Anda dari kotor atau basah. Selain itu,
susunlah dengan rapi tiap berkas. Kelompokkan per bundel, agar lebih mudah saat
akan menyerahkan ke berbeda-beda Perusahaan.
4. Seringkali
bagi yang mengendai motor, lupa dan tetap mengenakan jaket ketika masuk ke area
jobfair. Jangan sampai terjadi, memakai jaket akan membuatmu terkesan tidak
rapi dan formal.
5. Suasana
jobfair yang ramai dan padat bisa membuatmu lebih banyak berkeringat. Bawalah
tisu atau sapu tangan untuk membersihkan keringat agar penampilan tetap
terjaga.
6. Watch
your attitude. Bukan cuma penampilan, attitude-mu juga jadi perhatian perekrut,
lho. Jangan memberi tanggapan atau bertingkah berlebihan dalam merespon
penjelasan mereka.
7. Biasanya
disediakan informasi seputar lowongan, berikut kualifikasi, berkas yang
dibutuhkan, dan lain sebagainya. Baca dengan teliti, dan tanyakan pada officer
perusahaan jika masih ada yang kurang jelas.
8. Kamu
juga harus melihat dulu lowongan apa yang dibuka sebelum datang ke jobfair.
Akses melalui website perusahaan, atau website penyelenggara jobfair.
9. Antisipasi
dengan membaca semua papan petunjuk dengan cermat. Seperti di mana letak
toilet, pintu keluar, ruang presentasi, ruang seleksi, dan lain sebagainya.
10. Jangan
lupa bawa bekal air mineral secukupnya untuk mengobati rasa lelahmu.
M. Cara Membuat Bos Makin
Simpati
1.
Buat rekap laporan kepada Atasan Anda yang berisikan tentang apa saja yg sudah
Anda capai dalam 1 minggu. Sehingga mereka akan tahu persis apa saja yg sudah
Anda kerjakan & berapa banyak yg sudah Anda capai.
2.
Jika ada kendala atau tantangan jangan buat Atasan kita menunggu dalam diam.
Berikan jawaban yg inovatif & solutif sehingga dapat meningkatkan dan
memberikan kritik konstruktif.
3.
Cara terbaik untuk maju dalam karir adalah dgn memastikan Atasan/manajemen tahu
jabatan yg Anda inginkan/lebih banyak peluang yang Anda inginkan. Belum tentu
Anda akan dapat promosi jika Atasan Anda belum tahu apa yang Anda inginkan dan
kembangkan.
4.
Anda dapat membuat kesan yg baik pada atasan & rekan kerja, jika Anda
menawarkan membantu tugas-tugas penting/bahkan jika tugas-tugas itu diluar
ruang lingkup Anda.
5.
Buatlah kesempatan untuk mulai membangun hubungan pribadi dan terhubung pada
Atasan Anda selain hal pekerjaan.
6.
Karyawan yang masuk kantor lebih awal umumnya dianggap oleh manajer mereka
lebih disiplin dan menerima peringkat kinerja yg lebih tinggi daripada karyawan
yg datang kemudian.
7.
Terima kasih kepada Atasan menunjukkan bahwa Anda sangat menghargai pendapat
atau pemberian Atasan Anda.
N. Masalah Resign Kerja
1.
Jika Kita memiliki konflik di tempat kerja yang belum dapat diperbaiki,
pikirkan secara strategis tentang cara terbaik untuk bergerak maju. Ambillah
waktu sejenak untuk berpikir secara positif.
2.
Banyak orang berpikir bahwa setelah berhenti bekerja kita akan lebih mudah
mendapatkan pekerjaan, padahal bisa jadi lebih mudah untuk mendapatkan
pekerjaan saat kita masih bekerja.
3.
Ada pro dan kontra untuk berhenti sebelum terjadinya PHK. Akan lebih mudah
untuk kita menjelaskan saat wawancara kerja. Namun pesangon yang bisa kita
dapatkan, akan menjadi hangus.
4.
Tentu promosi ini akan memberi kita peluang tambahan ketika kita sudah siap
untuk mencari pekerjaan. Bisa jadi, kita akan menyukai pekerjaan baru itu dan
tetap tinggal di perusahaan saat ini.
5.
Apakah kita memiliki dana darurat dengan cukup uang untuk menutupi pengeluaran
kita selama satu atau dua bulan? Atau mungkin lebih lama? Ingatlah, meskipun
kita langsung diterima, tapi bisa jadi kita harus menunggu beberapa hari
sebelum kita masuk bekerja.
6.
Apakah kita memiliki tujuan yang jelas tentang langkah selanjutnya di jalur
karier kita? Jika belum yakin, kita mungkin bisa melakukan riset karier sebelum
mulai mencari pekerjaan baru. Misalnya : mengikuti kursus/mengeksplorasi ide
tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.
7.
Penting untuk bersiap untuk mencari pekerjaan disela waktu sebelum kita
mengundurkan diri. Salah satu saat terburuk untuk keluar dari pekerjaan kita
adalah ketika kita belum memiliki pekerjaan lain.
Kesimpulan
Berpikirlah
cerdas dan rencanakan pengunduran diri kita dengan hati-hati, sehingga kita
berhenti pada saat terbaik dan bukan yang terburuk. Pertimbangkan juga apakah
ada cara kita bisa membalikkan keadaan dan belajar mencintai pekerjaan kita
saat ini.
Luangkanlah
waktu untuk memberi tahu atasan kita bahwa kita akan mengundurkan diri dengan
hati-hati dan profesional. Kita akan dapat memfokuskan seluruh energi kita
untuk memulai pekerjaan baru dengan cara yang benar dan menikmati posisi baru
kita.
Demikain bahasan terkait
tips sukses wawancara kerja sampingan, kerja online, ataupun kerja partime di
jogja. Semoga bermanfaat.
Kumpulan tips ini dimuat
pada laman http://kelapawulungjogja.blogspot.com
1 comment:
ayo daftarkan diri anda di AJOQQ :D
menangkan jackpot dengan sebanyak-banyaknya :D
Post a Comment