Tuesday, December 25, 2018

Bibit Kelapa Wulung Genjah

Bibit Kelapa Wulung Genjah


bibit kelapa wulung genjah jogja
Bibit kelapa wulung Genjah


Di Indonesia terdapat dua jenis varietas kelapa yaitu kelapa wulung genjah (Dwarf coconut) dan kelapa wulung Dalam (Tall coconut). Selain kedua varietas tersebut, dikenal juga kelapa wulung hibrida yang merupakan hasil persilangan kedua varietas ini

Dikutip dari laman kelapa muda, buah kelapa berbentuk bulat pada beberapa sisinya agak menyudut, berukuran kira-kira sebesar kepala manusia. Warna buah kelapa ada yang hijau dan ada yang kuning tergantung varietasnya. Daging buah kelapa terbungkus kulit bagian luar berupa serabut yang tebal dan bagian dalam berupa kayu keras atau tempurung.

Tempurung kelapa wulung membungkus daging buah berwarna putih bersih dan air buah. Air yang terdapat dalam buah kelapa muda wulung berwarna bening sedikit putih, rasanya agak asin tidak segar. Pada awalnya air kelapa kebanyakan hanya digunakan untuk membuat kecap dan gula kelapa. Seiring dengan berjalannya waktu ternyata air kelapa dapat dijadikan menjadi makanan ringan yang disebut nata de coco.

Selain itu, kelebihan lain kelapa adalah minyaknya dapat didayagunakan sebagai sumber bioethanol dan biodiesel. Daun dan buah kelapa (nyuh = kelapa dalam Bahasa Bali), digunakan sebagai sarana upacara atau peribadatan bagi umat beragama Hindu.

Seiring banyaknya penggunaan lahan disuatu pulau untuk dijadikan bangunan penginapan ‘homestay’ sebagai penunjang aktifitas pariwisata, lambat laun keberadaan pohon kelapa semakin lama semakin berkurang bahkan bisa dikatakan mulai terancam.

Pohon kelapa Wulung Genjah di Kepulaan Seribu


Seperti yang terjadi pada masyarakat di salah satu pulau di Kepulauan Seribu. Berdasarkan hasil pengamatan, sudah lama masyarakat asli pulau tersebut memperoleh buah kelapa dengan cara harus menyeberang ke darat dan membeli buah kelapa tersebut di pasar-pasar tradisional.

Tentu fenomena ini sangat miris, dimana seharusnya suatu pulau menjadi komoditi atau penghasil langsung dari buah kelapa. Ancaman berkurangnya pohon kelapa nyatanya bukanlah sebuah isu belaka. Pada tahun 2014, beberapa media berita nasional memberitakan terjadi ancaman kepunahan pohon kelapa jenis kelapa Tengatuel asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Banyaknya penebangan pohon kelapa jenis ini menjadi salah satu faktor pendukung kepunahan. Nah, salah satu penolong untuk menanam kelapa yang cepat tumbuh dan cepat berbuah adalah kelapa wulung jenis pendek ukuran sekitar 2 meter sudah berbuah. Usia berbuah yang cukup cepat, yaitu sekitar 4-5 tahun ini cocok untuk ditanam menggantikan kelapa yang tinggi dan lama berbuahnya.

Kami menyediakan bibit kelapa genjah (kelapa pendek) dengan kualitas unggul dan mudah untuk ditanam. selain itu, ada juga bibit kelapa wulung genjah, kelapa unik dengan khasiat sebagai obat. JIka Anda tertarik untuk menanam kelapa wulung genjah, silahkan pantau link "kelapa wulung jogja" atau via WA/HP: 0857-4775-7565.


posted by, kelapa wulung jogja




No comments: