Sunday, April 7, 2019

ORANG JEPANG MENCARI KELAPA WULUNG

CERITA ORANG JEPANG MENCARI KELAPA WULUNG

orang jepang kelapa wulung Kabar kelapa wulung yang unik dan langka, rupanya telah sampai ke Negeri Sakura. Melalui nomor WA di site ini, Saya dihubungi seorang yang mengaku dari Tokyo, Jepang. Dia mengatakan sangat tertarik dan penasaran mencoba kelapa wulung, namanya Hir
Buah kelapa wulung sabut merah

Kabar kelapa wulung yang unik dan langka, rupanya telah sampai ke Negeri Sakura. Melalui nomor WA di site ini, Saya dihubungi seorang yang mengaku dari Tokyo, Jepang. Dia mengatakan sangat tertarik dan penasaran mencoba kelapa wulung, namanya Hiro.

Hiro adalah seorang mahasiswa yang kebetulan sedang ada kegiatan riset di Indonesia, jadwalnya mengunjungi kota Malang dan Bali, tetapi karena kelapa wulung ini ada di Jogja, maka ia menyempatkan ke Jogja untuk mendapatkan kelapa idamannya.

Setelah berkomunikasi via Whatsapp, ahirnya kita menyesuaikan jadwal untuk bertemu dan membahas tentang kelapa wulung dan segala manfaatnya. Sampailah pada pertemuan, Saya dan Hiro ternyata masih seumuran, kami masih di bawah kepala tiga.

Hiro mengatakan ia tidak pernah tahu sebelumnya, bahwa kelapa wulung itu memiliki sabut yang berwarna merah, alias pink.

Dia bertanya: bagaimana memperoleh kelapa wulung di sini? Saya katakan, bahwa untuk mendapatkan kelapa wulung di sini memang tidak mudah. di antara seribu pohon kelapa yang tumbuh di halaman-halaman atau kebun-kebun warga desa, kami menjumpainya tidak ebih dari 50 pohon.

Dan, mungkin saya memiliki tukang panjat yang sudah hafal, di desa ini ada berapa pohon dan desa itu berapa pohon. Setiap pohon produktfitas yang berbeda-beda, tergantung pada usia dan lingkungan tempat ia tumbuh.

Apa yang unik dari buah kelapa wulung ini? Hiro lanjut bertanya.

Uniknya kelapa ini ada pada buahnya yang berkulit luar hijau namun saat sedikit dibuka, maka akan kita dapati warnanya merah. Dari segi rasa, kelapa wulung memiliki air kelapa yang tidak semanis kelapa biasa, bahkan cenderung agak asin. kelapa wulung bisa muncul dari jenis kelapa Tall Cocos atapun Dwarf Cocos. Oia, satu lagi, Orang paling sering mencarinya untuk keperluan obat.

Obat apa itu?

Umumnya untuk obat untuk sakit perut, asam lambung, atau infeksi dalam. Banyak juga yang mengkonsumsinya untuk mengatasi masalah dehidrasi tubuh. Dan, sebagian orang menggunakan kelapa wulung untuk media pengobatan dari gangguan makhluk halus yang jahat.

ooo...

Obrolan cukup panjang, Untungnya ada Mbak Guide yang bersama Hiro datang ke rumah. Jadi kami sangat tertolong dalam hal berkomunikasi.

Selanjutnya, saya membukakan beberapa buah kelapa muda, dan mempersilahkan bagi tamu jauh itu untuk merasakan detil perbedaan antara kelapa wulung (serat merah) dan kelapa muda biasa. Nampaknya, setelah mencicipi semua kelapa itu, Hiro cukup mampu menemukan rasa yang berbeda.

Ahirnya, sesudah menemukan apa yang dia cari jauh-jauh, Hiro mengatakan dia merasa senang dan lega bisa mendapatkan kelapa wulung dan bertemu orang yang ramah. Sebelum pulang ke Jepang, tak lupa saya persilahkan dia membawa buah dan bibit kelapa wulung untuk oleh-oleh spesial dari Indonesia.

...

posted by kelapa wulung jogja





1 comment:

coconut red said...

Kelapa merah atau kelapa wulung memang langka, orang jepang sampai rela jauh-jauh untuk mencicipinya