Saturday, April 20, 2019

BUDIDAYA KELAPA WULUNG

BUDIDAYA KELAPA WULUNG

budidaya tanaman bibit kelapa wulung. Jual bibit kelapa wulung siap tanam untuk masa penghujan dan musim semi. Kelapa hijau asli bisa di dapatkan di jogja dengan alamat di situs tersebut. hobi budidaya tanaman kelapa untuk investasi jangka panjang.
Bibit kelapa wulung siap dibudidayakan

Budidaya Kelapa wulung adalah jenis tanaman kelapa yang memiliki warna merah muda di sabutnya. Kelapa wulung bisa berasal dari jenis kelapa Dalam (Tall) ada juga yang dari jenis Genjah (Dwarf). Berikut ini adalah yang perlu disiapkan untuk budidaya: mulai dari persiapan bibit kelapa wulung hingga panen.

A.      Persiapan Benih/Bibit Kelapa Wulung

1.       Benih unggul berasal dari Pohon Penghasil Tinggi yang sudah berusia lebih dari 10 tahun
2.       Benih dikeringkan untuk disemai sekitar 3 – 5 bulan sebelum tanam.
3.       Umur bibit siap tanam adalah 3 – 10 bulan.

B.      Pembuatan Lubang Tanah

  1. Di lahan dipasang ajir untuk tempat pembuatan lobang tanam sesuai dengan jarak yang dipilih : 8,5 x 8,5 m atau 9 x 9 x 9 m segitiga.
  2. Sebulan sebelum bibit ditanam, dibuat lobang dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm atau disesuaikan dengan berat ringannya tanah diolah, ukuran lobang lebih besar untuk tanah berat dan lebih kecil untuk tanah ringan.

C.      Penanaman bibit kelapa wulung

  1. 2-4 minggu sebelum bibit ditanam, lobang ditimbun dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang dan pupuk lainnya sesuai dengan kebutuhan.
  2. Bibit ditanam dibagian tengah lobang dengan kedalaman sekitar 10 cm dari permukaan tanah.

D.      Pemeliharaan Tanaman Bibit Kelapa Wulung

  1. Pengendalian rumput/gulma dilakukan setiap dua bulan, pada tanaman muda 1,0 m di sekitar tanaman dan tanaman dewasa selebar 2,0 m.
  2. Pemupukan dilakukan dua kali setahun, pada awal dan akhir musim penghujan dengan takaran pupuk per pohon 0,5 – 0,7 kg ura, 0,1 – 0,4 kg TSP, dan 0,6 – 1,0 kg KCL setiap kali pemupukan.
  3. Pupuk diberikan melingkar pohon kelapa dengan jarak 1,0 m dari pohon untuk tanaman kelapa muda dan 2,0 m untuk tanaman dewasa ke dalam tanah sekitar 15 cm.
  4. Kumbang penggerek pucuk Oryctes rhinoceros dan cendawan Phytophthora palmivora penyebab penyakit busuk pada tanaman kelapa merupakan hama dan penyakit utama. Hama  oryctes dikendalikan secara hayati dengan cendawan Metharizium dan Baculvirus, sedang penyakit busuk pucuk dengan fungisida Alliete melalui infis pada lubang yang digerek hama.

E.       Rehabilitasi Tanaman Kelapa Wulung


Kriteria tanaman kelapa wulung yang sudah seharusnya direhabilitasi yaitu:
  1. Pertumbuhan kelapa wulung tidak normal, batang mulai mengecil akibat saluran drainase tidak berfungsi (pasang surut).
  2. Pertanaman kelapa wulung rusak akibat serangan hama, penyakit, gulma atau tidak pernah dipupuk.
  3. Penanaman kelapa wulung rusak sebagian akibat kemarau apanjang atau kebakaran.
  4. Bila tanaman kelapa wulung tergenang air dibuatkan parit pembuangan (drainase)
  5. Tanaman kelapa yang rusak berat atau mati diadakan sulam.
  6. Pengendalian gulma, hama dan penyakit seperti pada kegiatan peremajaan serta pemupukan berimbang berdasarkan analisis status hara daun dan tanah.

F.       Usaha Tani untuk tanaman kelapa wulung

  1. Kebutuhan benih/bibit kelapa wulung untuk kegiatan perluasan sama dengan pada peremajaan, demikian pula dengan kegiatan yang dilakukan di lapang seperti pengajiran, pembuatan lobang dan pemeliharaan.
  2. Usaha tani tidak lagi monokultur akan tetapi polikultur (kelapa + tanaman sela) dan diversifikasi produk (lihat diversifikasi usaha tani) dalam bentuk suatu system usaha yang komersial.
  3. Petani berkelompok sehingga tercapai skala komersial, minimal 300-500 ha untuk pengolahan secara terpadu.

       BACA JUGA : Cara Konsumsi Kelapa Wulung

Demikian artikel tentang budidaya kelapa wulung, melihat potensi produksi dan nilai ekonomi tinggi, di era mendatang kelapa wulung banyak diminati pasar sebagai produk kesehatan. Dan tanaman kelapa wulung di atas sangat berpeluang untuk diproduksi terus menerus.


posted by kelapa wulung jogja

3 comments:

budidaya kelapa genjah said...

Artikel yang bermanfaat gan...

kelapa wulung
kelapa hijau wulung

Unknown said...

Kebun khusus kelapa Wulung ada di mana?

Bibit kelapa wulung said...

Belum ada kebun pak.. pohonnya tumbuh di pekarangan milik warga